Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Implikasi kompetensi kepribadian guru pendidikan agama islam terhadap moral siswa di SMP Negeri 7 Padangsidimpuan

Harahap, Rispa (2013) Implikasi kompetensi kepribadian guru pendidikan agama islam terhadap moral siswa di SMP Negeri 7 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
093100156.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (739kB)

Abstract

Keberhasilan guru Pendidikan Agama Islam melaksanakan peranannya dalam bidang pendidikan sebagian besar terletak pada kemampuannya (kompetensinya) melaksanakan berbagai peranan yang bersifat khusus dalam situasi belajar dan mengajar. Siswa dalam mengikuti pembelajaran tidak termotivasi dengan materi pelajaran Pendidikan Agama Islam, sehingga pembelajaran tersebut tidak terlalu bagus dalam hasil belajar mengajarnya. Ini disebabkan karena kurangnya akibat langsung dari kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam yang terhadap moral siswa di SMP Negeri 7 Padangsidimpuan. Baik itu dalam proses pembelajaran, maupun diluar proses pembelajaran. Dengan demikian masalah yang dibahas dalam skripsi ini adalah apa sajakah akibat langsung dari kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam terhadap moral siswa di SMP Negeri 7 Padangsidimpuan. Apa sajakah kendala yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam tentang kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam terhadap moral siswa di SMP Negeri 7 Padangsidimpuan. Solusi apa sajakah yang dilakukan guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kompetensi kepribadiannya terhadap moral siswa di SMP Negeri 7 Padangsidimpuan. Sejalan dengan masalah di atas, maka penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui apa sajakah akibat langsung dari kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam terhadap moral siswa di SMP Negeri 7 Padangsidimpuan. Untuk mengetahui apa sajakah kendala yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam tentang kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam terhadap moral siswa di SMP Negeri 7 Padangsidimpuan. Untuk mengetahui solusi apa sajakah yang dilakukan guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kompetensi kepribadiannya terhadap moral siswa di SMP Negeri 7 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan, teknik pengumpulan data yang dibutuhkan adalah wawancara, dan observasi. Selanjutnya dilakukan analisis data dengan menggunakan reduksi data, menelaah dari berbagai sumber,dan lain-lain. Implikasi kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam terhadap moral siswa di SMP Negeri 7 Padangsidimpuan masih tidak begitu diperhatikan. Hal tersebut dilatar belakangi oleh beberapa faktor antara lain adalah ini dapat dilihat dari akibat langsung dari kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam dalam bertatakrama dan menanamkan moral sama siswanya. Seperti guru Pendidikan Agama Islam sering marah terhadap siswanya, Dan guru Pendidikan Agama Islam tidak memiliki sifat sabar dalam menghadapi siswa yang lambat dalam memahami pelajaran PAI. Dan solusinya adalah dengan diadakannya bimbingan, arahan dan penataran kepada guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 7 Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H.M.Idrus Hasibuan M.Pd dan Zulhammi M.Ag M.Pd
Keywords: Kompetensi Kepribadian., Pendidikan Agama Islam
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 23 Sep 2020 08:58
Last Modified: 24 Sep 2020 06:49
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5237

Actions (login required)

View Item View Item