Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar garis singgung lingkaran pada siswa kelas VIII di SMP N 3 Padangsidimpuan

Lestari, Putri Ayu (2019) Pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar garis singgung lingkaran pada siswa kelas VIII di SMP N 3 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 330 0122.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru dalam pembelajaran matematika menggunakan metode konvensional dan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa-siswi pada pokok bahasan garis singgung lingkaran masih dibawah KKM, proses pembelajaran berpusat pada guru ( teacher center), siswa mengalami kesulitan untuk memecahkan masalah dalam mengerjakan soal, dan model pembelajaran yang monoton dan tidak terjadinya interaksi yang baik antara guru dan siswa Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah ada pengaruh yang signifikan antara model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar garis singgung lingkaran pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Padangsidimpuan?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar garis singgung lingkaran pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Padangsidimpuan. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi-experiment designs dengan jenis non ekuivalen (untreated controlgroup design with pretest and postest). Adapun populasi dari penelitian ini ialah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Padangsidimpuan, dan metode pengambilan sampel yaitu cluster sampling yaitu kelas VIII-10 sebagai kelas eksperimen berjumlah 32 siswa dan VIII-11 kelas kontrol berjumlah 35 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes (bentuk multiple choise), sedangkan data dianalisis dengan menggunakan analisis normalitas, variansi, homogenitas dan uji t dengan bantuan IBM SPSS Versi 20. Hasil uji hipotesis penelitian tentang pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belaja garis singgung lingkaran siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Padangsidimpuan dengan menggunakan uji-t, diperoleh harga thitung 6,454 > ttabel 1,695. Sehingga thitung berada di luar daerah penerimaan Ho atau dengan kata lain Ho tolak. Setelah melakukan proses pembelajaran dengan menggunakan metode yang telah ditentukan pada kelompok eksperimen diperoleh temuan bahwa nilai rata-rata hasil postest kelompok eksperimen (82,91 lebih tinggi dari nilai rata-rata pada kelompok kontrol (61,00).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Problem Based Learning; Hasil Belajar Matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 15 Apr 2020 03:20
Last Modified: 21 Apr 2020 07:00
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/523

Actions (login required)

View Item View Item