Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Hubungan psikososial kelas dengan hasil belajar matematika siswa di kelas XI IPA SMA Negeri 3 Padangsidimpuan

Karlina, Nurliana (2013) Hubungan psikososial kelas dengan hasil belajar matematika siswa di kelas XI IPA SMA Negeri 3 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
08 330 0028.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah hasil belajar turunan siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Padangsidimpuan belum maksimal disebabkan kurangnya komunikasi dan perhatian guru kepada siswa sehingga tidak terciptanya iklim psikososial kelas yang baik dan suasana kelas pun menjadi kurang kondusif dan efektif. Berdasarkan latar belakang masalah, yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat hubungan yang signifikan antara psikososial kelas dengan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan turunan siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 3 Padangsidimpuan?” dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan psikososial kelas dengan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan turunan siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 3 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif dan pendekatan korelasi. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Padangsidimpuan tahun ajaran 2012-2013 sebanyak 204 siswa, sedangkan sampelnya sebagian dari populasi itu yaitu 42 siswa. Instrumen dalam penelitian ini yaitu angket pada psikososial kelas dan tes hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan turunan. Untuk pengolahan data dan analisa data menggunakan rumus korelasi spearman rank dilanjutkan dengan uji signifikan dengan menggunakan rumus uji-t. Hasil penelitian ini memperlihatkan ada hubungan yang signifikan antara psikososial kelas dengan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Padangsidimpuan dengan kategori “sedang”, yaitu ditemukan angka korelasi rhitung = 0,553. Di mana nilai tersebut lebih besar dari nilai rtabel = 0,304. Hubungan tersebut signifikan, ini dibuktikan berdasarkan perhitungan yang diperoleh dari nilai thitung = 4,20. Di mana nilai tersebut lebih besar dari nilai ttabel = 2,021 untuk interval kepercayaan 5 % dengan dk = n-2 = 40. Dari hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa semakin baik psikososial kelas, maka hasil belajar matematika pada materi turunan siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Padangsidimpuan akan semakin baik pula. Hal ini menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara psikososial kelas dengan hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. Sahadir Nasution, M.Pd dan Lis Yulianti Syafrida Siregar, S.Psi., MA
Keywords: Psikososial; Hasil Belajar Matematika
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 23 Sep 2020 04:13
Last Modified: 23 Sep 2020 04:13
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5225

Actions (login required)

View Item View Item