Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pembinaan hifz al-Qur’an pada Pondok Pesantren Al-Azhar Bi’ibadillah Kecamatan Batang Angkola Tapanuli Selatan

Matondang, Ahmad Rifai (2013) Pembinaan hifz al-Qur’an pada Pondok Pesantren Al-Azhar Bi’ibadillah Kecamatan Batang Angkola Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
06311050.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini mendeskripsikan tentang latar belakang penelitian, rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pelaksanaan imitaive learning pada pembinaan akhlak anak usia dini di Desa Tombang Bustak Kecamatan Kotanopan, dan apa saja hambatan dalam pelaksanaan imitative learning pada pembinaan akhlak anak usia dini di Desa Tombang Bustak Kecamatan Kotanopan serta apa solusinya? Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui imitative learning apa saja yang terdapat dalam pembinaan akhlak di Desa Tombang Bustak Kecamatan Kotanopan, untuk melihat bagaimana langkah-langkah pelaksanaan imitative learning dalam upaya pembinaan akhlak terhadap anak usia dini di Desa Tombang Bustak Kecamatan Kotanopan, dan untuk melihat mengetahui hambatan-hambatan dalam pelaksanaan imitative learning dalam pembinaan akhlak terhadap anak usia dini di Desa Tombang Bustak Kecamatan Kotanopan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan dan menginterprestasikan objek sesuai dengan apa adanya. Sedangkan sumber data pada penelitian ini diperoleh dari informan yang sudah ditetapkan oleh penulis, yaitu 16 keluarga. Instrumen pengumpulan data untuk mengumpulkan data yang digunakan adalah Observasi dan wawancara. Observasi ini dilakukan untuk memperkuat data tentang penerapan imitative learning. Dengan data tersebut maka akan diketahui metode apa saja yang dilakukan oleh orangtua dalam penerapan imitative learning pada pembinaan akhlak anak usia dini dalam rumah tangga di desa Tombang Bustak Kecamatan Kotanopan. Sedangkan interview/wawancara dilakukan terhadap orangtua yang memiliki anak usia dini dan dianggap dapat memberikan data serta keterangan yang dibutuhkan dalam penelitian ini. Selanjutnya data yang dikumpulkan diolah dan dianalisa dengan menggunakan analisis metode penelitian deskriptif metode berfikir induktif dan metode berfikir deduktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan imitative learning pada pembinaan akhlak anak usia dini di Desa Tombang Bustak Kecamatan Kotanopan sudah tergolong baik. Penerapan imitative learning dilaksanakan dengan menggunakan beberapa metode, seperti: pembiasaan akhlak yang baik, memberikan keteladanan, memberi nasehat, bercerita, pengawasan, tidak menghina dan tidak mengurangi hak anak. Kendala-kendala yang dihadapi orangtua dalam penerapan imitative learning ada 2 macam, yaitu faktor dari dalam dan faktor dari luar rumah tangga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Muslim Hasibuan MA dan H Ali Anas Nasution M.A
Keywords: hifz al-Qur’an.,Agama Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 23 Sep 2020 03:59
Last Modified: 23 Sep 2020 03:59
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5223

Actions (login required)

View Item View Item