Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh keterampilan memberikan penguatan terhadap motivasi belajar pendidikan agama islam siswa di SMP Negeri 1 Batang Angkola

Nurhayati, Nurhayati (2013) Pengaruh keterampilan memberikan penguatan terhadap motivasi belajar pendidikan agama islam siswa di SMP Negeri 1 Batang Angkola. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
083100082.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Yaitu suatu pembahasan Keterampilan memberikan penguatan yang dilakukan oleh guru Bidang Studi Pendidikan Agama Islam dan pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Batang Angkola. Dengan demikian masalah yang dibahas dalam skripsi ini adalah bagaimana keterampilan memberikan penguatan di SMP Negeri 1 Batang Angkola, apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara keterampilan memberikan penguatan terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa di SMP Negeri 1 Batang Angkola. Sejalan dengan masalah di atas, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan memberikan penguatan di SMP Negeri 1 Batang Angkola, untuk mengetahui pengaruh keterampilan memberikan penguatan terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa di SMP Negeri 1 Batang Angkola. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII, VIII dan IX SMP Negeri 1 Batang Angkola yang berjumlah 684 orang. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan dilaksanakan riset di lapangan, instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan dokumentasi . Pengolahan data dilaksanakan secara kuantitatif. Selanjutnya dilakukan analisa data dengan menggunakan rumus statistik dalam bentuk korelasi product moment, dan dilanjutkan uji signifikansi. Hipotesis yang berbunyi ada Pengaruh Keterampilan Memberikan Penguatan Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Di SMP Negeri 1 Batang Angkola dengan melihat tabel berdasarkan jumlah sampel 41 pada taraf signifikansi 5% ditemukan rtabel sebesar 0,308 dan pada taraf signifikansi 1% ditemukan rtabel sebesar 0,398. Maka rxy = 0,506 > dari rtabel = 0,308 diterima, dengan koefisien korelasi 0,506. Dari uji signifikansi yang dibuktikan berdasarkan perhitungan yang diperoleh dari nilai Fhitung = 13,395, dimana nilai tersebut lebih besar dari nilai ftabel untuk interval kepercayaan 5% sebesar 4,10 dan untuk interval kepercayaan 1% sebesar 7,35. Artinya terdapat Pengaruh Keterampilan Memberikan Penguatan Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Di SMP Negeri 1 Batang Angkola.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. Misran Simanungkalit M.Pd dan Rosnani Siregar M.Ag
Keywords: Keterampilan Motivasi Belajar., Pendidikan Agama Islam
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 23 Sep 2020 03:41
Last Modified: 23 Sep 2020 03:41
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5220

Actions (login required)

View Item View Item