Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Hubungan antara gaya belajar matematika siswa dengan prestasi belajar matematika di kelas X SMA Negeri 1 Angkola Timur

Harahap, Siti Ashima (2012) Hubungan antara gaya belajar matematika siswa dengan prestasi belajar matematika di kelas X SMA Negeri 1 Angkola Timur. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
07 330 0117.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertolak pada rumusan masalah yaitu bagaimana hubungan antara gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika di kelas X SMA Negeri 1 Angkola Timur T.A 2011/2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya belajar matematika siswa, gambaran prestasi belajar siswa, serta hubungan antara gaya belajar siswa dengan prestasi belajar matematika siswa di kelas X SMA Negeri 1 Angkola Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian diskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Angkola Timur. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode angket dan dokumentasi. Angket untuk memperoleh data gaya belajar matematika siswa, sedangkan dokumentasi untuk memperoleh data prestasi belajar matematika yang di ambil dari nilai rapor pada semester genap tahun ajaran 2011/2012. Hipotesis diuji dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah data gaya belajar matematika dan data prestasi belajar matematika. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) siswa kelas X SMA Negeri 1 Angkola Timur memiliki gaya belajar yang dominan adalah gaya belajar visual dengan rata-rata sebesar 23,8 dan prestasi belajar yang cukup kompeten sebanyak 72,94% ; (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara gaya belajar dengan prestasi belajar matematika siswa di kelas X SMA Negeri 1 Angkola Timur diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,5350 dengan thitung diperoleh sebesar 5,76913 selanjutnya dibandingkan dengan nilai ttabel 5% dengan dk = 83 maka dieroleh thitung t tabel (5,76913 1,6660), maka Ho ditolak dan Ha diterim

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Irwan Saleh Dalimunthe dan Almira Amir
Keywords: Gaya belajar; prestasi; siswa; matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2020 03:45
Last Modified: 23 Sep 2020 03:45
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5219

Actions (login required)

View Item View Item