Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan operasi hitung bentuk aljabar di kelas VII SMP N.1 Batang Angkola

Yulianti, Yulianti (2013) Pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan operasi hitung bentuk aljabar di kelas VII SMP N.1 Batang Angkola. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
07 330 0039.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh signifikan antara model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan operasi hitung bentuk aljabar di kelas VII SMP Negeri 1 Batang Angkola. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh signifikan antara model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan operasi hitung bentuk aljabar di kelas VII SMP Negeri 1 Batang Angkola. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain pretestposttest control group. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Batang Angkola yang berjumlah 221. Sampel diambil dari populasi dengan tekhnik cluster random sampling atau sampel acak berkelompok, kelas VIIB berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIC berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji hipotesis diperoleh thitung = 3,86 > ttabel = 2,00. Oleh karena itu, dapat diambil kesimpulan bahwa “ Ada pengaruh yang signifikan dalam model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan operasi hitung bentuk aljabar di kelas VII SMP Negeri 1 Batang Angkola.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Tatta Herawati Daulae dan Almira Amir
Keywords: Model pembelajaran; hasil belajar; matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2020 04:08
Last Modified: 23 Sep 2020 04:08
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5215

Actions (login required)

View Item View Item