Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh pendekatan open-ended terhadap kreativitas belajar siswa pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP N 2 Batang Natal

Fadillah, Fadillah (2013) Pengaruh pendekatan open-ended terhadap kreativitas belajar siswa pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP N 2 Batang Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
08 330 0012.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari latar belakang masalah yang berupa rendahnya kreativitas belajar siswa di Kelas VIII SMP N 2 Batang Natal, sehingga peneliti mengambil judul skripsi ini adalah “PENGARUH PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMP N 2 BATANG NATAL”. Rumusan masalah dalam skripsi ini Apakah terdapat pengaruh yang signifikan dengan menggunakan pendekatan open-ended terhadap peningkatan kreativitas belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui/mengungkapkan apakah terdapat pengaruh yang signifikan dengan menggunakan pendekatan open-ended terhadap kreativitas belajar siswa di kelas VIII SMP N 2 Batang Natal. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 2 Batang Natal. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan korelasi jenis kuantitatif, yakni untuk memberikan gambaran dan sekaligus melihat pengaruh diantara kedua variabel tersebut di atas dengan menggunakan mean dan standar deviasi untuk memberikan penafsiran terhadap sebaran data yang diperoleh dari populasi. Jumlah sampel dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP N 2 Batang Natal sebanyak 28 siswa anggota atau seluruh populasi. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode deskriptif kemudian dianalisa menggunakan korelasi spearman rank, dilanjutkan dengan uji signifikan dengan menggunakan rumus uji t untuk melihat sejauh mana pengaruh kedua variabel tersebut. Penjaringan data yang dilakukan dengan menggunakan angket tersebut bertujuan untuk mendapatkan data mengenai pendekatan open-ended terhadap kreativitas belajar siswa pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP N 2 Batang Natal. Perhitungan kedua variabel diperoleh nilai rata-rata variabel x (pendekatan open-ended) yaitu 43,071 termasuk kategori “cukup” sedangkan variabel y (kreativitas belajar siswa pada materi kubus dan balok) yaitu 44,821 termasuk kategori “cukup”.Berdasarkan perhitungan diketahui bahwa r hitung sebesar 0,973kemudian thitung sebesar 2,056 dan ttabel sebesar 2,048 ternyata thitung > ttabel, maka hipotesis diterima/disetujui, jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan pendekatan open-ended terhadap kreativitas belajar siswa pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP N 2 Batang Natal dengan kategori “kuat”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Aswadi Lubis, SE., M.Si dan Suparni, S.Si, M.Pd
Keywords: Open-Ended; Kreativitas Belajar; Balok; Kubus
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 23 Sep 2020 03:37
Last Modified: 23 Sep 2020 03:37
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5214

Actions (login required)

View Item View Item