Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya meningkatkan pemahaman konsep dan kreativitas belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) pada materi bangun ruang di kelas VIII-A MTs.S. Pondok Pesantren Dar Al-Ma’Arif Basilam Baru

Ritonga, Nur Sinta (2014) Upaya meningkatkan pemahaman konsep dan kreativitas belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) pada materi bangun ruang di kelas VIII-A MTs.S. Pondok Pesantren Dar Al-Ma’Arif Basilam Baru. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
10 330 0024.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Pada penelitian ini, masalah yang dikemukakan adalah rendahnya pemahaman konsep dan kreativitas belajar Matematika siswa kelas VIII-A Mts.S. Pondok Pesantren Dar Al-Ma’Arif Basilam Baru, siswa kesulitan menyelesaikan soal-soal Matematika khususnya bangun ruang (prisma dan limas). Ini disebabkan karena kurang sesuainya model pembelajaran yang dipilih dengan materi yang disampaikan. Mengingat pentingnya kualitas pendidikan dan menghadapi masalah yang dihadapi siswa, maka sebagai upaya meningkatkan pemahaman konsep dan kreativitas belajar Matematika siswa, peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT), Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep dan kreativitas belajar matematika siswa dapat meningkat melalui model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) pada materi bangun ruang (prisma dan limas) di kelas VIII-A MTs.S. Pondok Pesantren Dar Al-Ma’Arif Basilam Baru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek diambil dari populasi dengan acuan cluster random sampling. Jadi, sampel yang diambil sebanyak satu kelas, yaitu kelas VIII-A MTs.S. Pondok Pesantren Dar Al-Ma’Arif Basilam Baru yang berjumlah 23 orang. Kemudian instrument yang digunakan sebagai pengumpul data adalah tes untuk melihat sejauhmana pemahaman konsep siswa dan lembar observasi untuk melihat sejauhmana kreativitas belajar matematika siswa meningkat. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan 2 siklus dan setiap siklus diadakan 2 kali pertemuan. Berdasarkan hasil tes dan observasi serta wawancara diperoleh data bahwa terdapat peningkatan yang cukup signifikan terhadap pemahaman konsep dan kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika. Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan pemahaman konsep dan kreativitas pembelajaran Matematika pada materi bangun ruang (prisma dan limas) di kelas VIII-A MTs.S. Pondok pesantren Dar Al-Ma’Arif Basilam Baru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. Agus Salim Lubis, M.Ag dan Suparni, S.Si., M.Pd
Keywords: Pemahaman konsep; Kreativitas belajar matematika; Model Teams Games Tournament (TGT); Bangun ruang
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 23 Sep 2020 02:49
Last Modified: 23 Sep 2020 02:51
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5210

Actions (login required)

View Item View Item