Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Diagnosis kesulitan belajar bangun ruang sisi lengkung di kelas IX MTs.S Babussalam Basilam Baru Kecamatan Batang Angkola

Utami, Riana Sri (2014) Diagnosis kesulitan belajar bangun ruang sisi lengkung di kelas IX MTs.S Babussalam Basilam Baru Kecamatan Batang Angkola. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
10 330 0026.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar yang diperoleh berdasarkan hasil ulangan siswa dalam memahami materi bangun ruang sisi lengkung sangat rendah, bentuk kesulitan dan penyebab kesulitan yang dialami siswa dalam memahami bangun ruang sisi lengkung. Berdasarkan latar belakang penelitian di atas maka yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam memahami materi bangun ruang sisi lengkung dan untuk mengetahui penyebab kesulitan belajar yang dialami melalui persentase siswa yang mengalami kesulitan dalam menentukan dan menghitung luas selimut dan volume bangun ruang sisi lengkung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX MTs.S Babussalam Basilam Baru yang berjumlah 32 siswa. Kemudian instrumen yang digunakan sebagai pengumpul data adalah angket, tes diagnostik dan wawancara. Bentuk-bentuk kesulitan yang dihadapi siswa dalam menyelesaikan soal-soal menentukan dan menghitung luas selimut dan volume bangun ruang sisi lengkung berdasarkan angket karena kurang mengerti 39,06%, kurang teliti 42,96%, marasa tes diagnostik tersebut sulit 13,28% dan tidak mengetahui sama sekali tentang bangun ruang sisi lengkung sebanyak 4,68%. Berdasarkan tes diagnostik berdasarkan kesalahan yaitu kesalah pahaman konsep 10,41%, operasi hitung 5,2%, algoritma yang tidak sempurna 9,38% dan ceroboh 2,08%; berdasarkan gangguan keterampilan yang dialami yaitu gangguan keterampilan linguistik 13,02%, keterampilan perseptual 1,82%, keterampilan matematika 8,33% dan keterampilan atensional 0,78%. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa yang menjadi faktor penyebab utama kesulitan belajar siswa adalah faktor internal siswa dan problema utama kesulitan belajar siswa adalah faktor eksternal siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. Agus Salim Lubis, M.Ag dan Suparni, S.Si., M.Pd
Keywords: Kesulitan belajar; Bangun ruang sisi lengkung
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 23 Sep 2020 02:11
Last Modified: 23 Sep 2020 02:11
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5207

Actions (login required)

View Item View Item