Jamiah, Rizqi (2014) Pengaruh penerapan model pembelajaran Talking Stick dengan metode Math Magic terhadap hasil belajar matematika pada pokok bahasan kubus dan balok di kelas V SD Negeri 200211 Padangmatinggi. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
10 330 0029.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Mata pelajaran matematika sangat erat hubungannya dengan mata pelajaran lain dimana tanpa bantuan matematika pemecahan persoalan dalam ilmu lain maupun dalam kehidupan sehari-hari tidak dapat diselesaikan.Pada penelitian ini, penulis meneliti kendala yang dihadapi siswa pada pokok bahasan kubus dan balok. Saat belajar materi tersebut, siswa mengetahui apa itu kubus dan balok. Akan tetapi siswa kurang mampu dalam menyelesaikan masalah perhitungan yang berkenaan dengan kubus dan balok tersebut. Sehingga penulis mencobameneliti cara mengatasi permasalahan siswa tersebut dengan menerapkan model pembelajaran talking stick yang dipadukan dengan metode math magic. Dari latar belakang masalah tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yangsignifikanantaramodel pembelajarantalking stick dengan metodemath magic terhadap hasil belajar matematika pada pokok bahasan kubusdan balok di kelas V SD Negeri 200211 Padangmatinggi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen jenis desain eksperimen klasik (classical experimental design). Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas V SD Negeri 200211 Padangmatinggi yang terdiri dari 2 kelas sebanyak 82 orang, dan untuk sampelnya diambil keseluruhan populasi yaitu sebanyak 82 orang. Kemudian instrumen yang digunakan sebagai pengumpul data adalah tes yang diberikan sebanyak dua kali, yaitusebelum diberikan perlakuan dan setelah diberikan perlakuan. Sedangkan untukpengolahan data dan analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus uji-t. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh rata – rata kelaskontrol(Xଶ തതത) = 67, rata – rata kelaseksperimen(Xଵ തതത) = 76, danuji t dengannilaithitung = 2,32> ttabel = 1,990.Maka dapat diambil kesimpulan ada pengaruh yang signifikanantara model pembelajaran talking stick dengan metode math magic terhadap hasil belajar matematika pada pokok bahasan kubus dan balok kelas V SD Negeri 200211 Padangmatinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Lelya Hilda, M.Si dan Mariam Nasution, M.Pd |
Keywords: | Metode Talking Stick; Metode Math Magic; Hasil belajar matematika; Kubus; Balok |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics 13 EDUCATION > 1301 Education Systems |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mrs. Elysa Fitri Pakpahan |
Date Deposited: | 23 Sep 2020 01:59 |
Last Modified: | 23 Sep 2020 01:59 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5204 |
Actions (login required)
View Item |