Hasibuan, Lenni Ani (2013) Keterampilan guru pendidikan agama islam dalam mengelola kelas di SMP Negeri 2 Huristak Kecamatan Huristak Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
093100173.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (9MB) |
Abstract
Adapun masalah yang dibahas dalam skripsi ini adalah : Bagaimana keterampilan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas, apa saja kendala-kendala yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas, dan bagaimana usaha-usaha yang dilakukan dalam mengatasi kendala yang dihadapi? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas di SMP Negeri 2 Huristak Kecamatan Huristak Kabupaten Padang Lawas. mengetahui kendala-kendala keterampilan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas di SMP Negeri 2 Huristak Kecamatan Huristak Kabupaten Padang Lawas. Untuk mengetahui usaha-usaha yang dilakukan dalam mengatasi kendala yang dihadapi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data dilaksanakan secara kualitatif. Pengambilan kesimpulan dilaksanakan secara induktif. Dari penelitian yang dilaksanakan, bahwa keterampilan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas di SMP Negeri 2 Huristak, pengaturan ruangan tmpat berlangsungnya proses belajar mengajar, pngaturan tempat duduk, pengaturan alat pengajaran, penataan keindahan ruangan, ventilasi dan pengaturan cahaya, hangat dan antusias, tantangan, bervariasi, keluwesan, penekanan pada hal yang positif, penanaman disiplin diri. Kendala yang dihadapi guru dalam melakukan pengelolaan kelas adalah siswa yang keluar masuk ruangan, disetiap ruangan masih ada siswa yang suka ribut yakni mengganggu temannya ketika proses belajar mengajar, adanya siswa suka mengeluarkan kata-kata kotor kepada temannya. Usaha Modifikasi tingkah laku,Pendekatan pemecahan masalah kelompok, Menemukan dan memecahkan tingkah laku yang menimbulkan masalah, Melakukan pendekatan larangan dan anjuran, Sikap menerima dan menghargai siswa sebagai manusia, Sikap terbuka, Sikap demokratis, Sikap empati, pendekatan yang dilakukan untuk menanggulangi kendala dalam mengelola kelas adalah menggunakan pendekatan kekuasaan, pendekatan ancaman, pendekatan kebebasan, pendekatan pengajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dra. Hj. Tatta Herawati Daulae, M.A dan Muhammad Yusuf Pulungan, M.A |
Keywords: | Keterampilan Guru Pendidikan Agama Islam; Mengelola Kelas |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Muhammad Nuddin |
Date Deposited: | 23 Sep 2020 02:05 |
Last Modified: | 23 Sep 2020 02:05 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5203 |
Actions (login required)
View Item |