Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa di SMP Negeri 4 Batang Angkola

Gembira, Gembira (2013) Upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa di SMP Negeri 4 Batang Angkola. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
083100141.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB)

Abstract

Latar belakang masalah yang dihadapi oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam pembelajaran baca tulis al-Qur’an di SMP Negeri 4 Batang Angkola. Terlihat bahwa kemampuan baca tulis al-Qur’an pada siswa bervariasi mulai dari yang mampu membaca dan menulis al-Qur’an sampai kepada yang tidak bisa membaca al- Qur’an dan menulis al-Qur’an, adapun rumusan masalah adalah apa upaya yang dilakukan oleh guru PAI dalam meningkatkan Kemampuan Baca Tulis al-Qur’an siswa di SMP Negeri 4 Batang Angkola melalui metode, bagaimana upaya yang dilakukan oleh guru PAI dalam meningkatkan Kemampuan Baca Tulis al-Qur’an siswa di SMP Negeri 4 Batang Angkola melalui pemanfaatan media, adapun kegunaan penelitian ini adalah menambah wawasan pengetahuan yang berharga khususnya bagi peneliti dan bagi para pembaca pada umumnya.Sebagai bahan pertimbangan bagi guru pendidikan agama Islam dalam mengajarkan mata pelajaran BTQ.Sebagai acuan bagi masyarakat bahwa mempelajari al-Qur’an itu sangat penting, dan perlu metode sebagai upaya dalam peningkatan kualitas.Sebagai bahan masukan bagi peneliti sendiri. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan ilmu pendidikan Islam. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah mengkaji unsur-unsur pendidikan yang berkaitan dengan tujuan pendidikan, pendidik, anak didik, materi pendidikan, milliu dan lain-lain. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tujuan mendapat pemahaman yang sifatnya umum dan juga khusus, juga dalam hal ini dengan mengamati fenomena di sekolah dan menganalisisnya dengan menggunakan logika ilmiah. Untuk mengumpulkan data digunakan instrumen data yang terdiri dari interviu, observasi, dokumentasi. Analisis data digunakan metode berpikir deduktif dan induktif. Dari penelitian dapat diperoleh kesimpulan bahwa: Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatakan kemampuan baca tulis al-Qur’an siswa SMP Negeri 4 Batang Angkola melalui metode adalah metode cemah, metode diskusi, metode demonstrasi dalam aspek pengenalan huruf hijaiyah, makhraj dan tajwid. Dan sekaligu menumbuhkan kompetisi dikalangan siswa, dan mengevaluasi.Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatakan kemampuan baca tulis al-Qur’an siswa SMP Negeri 4 Batang Angkola melalui pemanfaatan media adalah media buku, media papan tulis, media lukisan dalam aspek pengenalan huruf hijaiyah, makhraj dan tajwid. Dan sekaligu menumbuhkan kompetisi dikalangan siswa, dan mengevaluasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. Armyn Hasibuan, M.Ag dan Fauzi Rizal,S.Ag., M.A
Keywords: Upaya Guru Pendidikan Agama Islam; Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Nuddin
Date Deposited: 23 Sep 2020 02:14
Last Modified: 23 Sep 2020 02:14
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5201

Actions (login required)

View Item View Item