Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Keterampilan guru dalam memotivasi belajar siswa dalam bidang studi pendidikan agama Islam di SMP Negeri 3 Satu Atap Sibadar Kecamatan Sungai Kanan Kabupaten Labuhan Batu Selatan

Siregar, Hamdan (2013) Keterampilan guru dalam memotivasi belajar siswa dalam bidang studi pendidikan agama Islam di SMP Negeri 3 Satu Atap Sibadar Kecamatan Sungai Kanan Kabupaten Labuhan Batu Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
083100104.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana keterampilan guru dalam memotivasi belajar siswa dalam bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Satu Atap Sibadar? Apa kendala-kendala yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam dalam memotivasi beajar siswa dalam bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Satu Atap Sibadar? Bagaimana usaha-usaha yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam memotivasi beajar siswa dalam bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Satu Atap Sibadar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan guru Pendidikan Agama Islam dalam memotivasi belajar siswa, kendala-kendala yang dihadapi guru dalam memotivasi belajar siswa, dan usaha-usaha yang dilakukan guru dalam memotivasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan secara kualitatif dengan metode deskriptif yaitu penelitian yang diarahkan untuk menggambarkan gejala-gejala atau kejadian secara sistematis dan akurat yang ada di lapangan. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini tentang keterampilan guru dalam memotivasi belajar siswa dalam bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Satu Atap Sibadar belum optimal baik dari keterampilan bertanya dasar kepada siswa. Keterampilan memberikan penguatan kepada siswa, keterampilan menjelaskan pelajaran, keterampilan mengadakan variasi belajar, keterampilan mengelola kelas dan keterampilan membuka serta menutup pelajaran. Kendala-kendala yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam dalam memotivasi belajar siswa yaitu kurangnya fasilitas penunjang pembelajaran, kurangnya dorongan dari orang tua di SMP Negeri 3 Satu Atap Sibadar. Usaha-usaha yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam di dalam memotivasi belajar siswa dlam bidang studi Pendidikan Agama Islam yaitu selalu memberikan perhatian kepada siswa pada saat pembelajaran dan selalu menekankan kepada siswa untuk selalu mengerjakan perintah Agama (shalat) dan mengawasi serta memberikan pemahaman tentang balasan bagi orang yang melaksanakan perintah dan yang meninggalkan larangan-Nya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Fauzi Rizal, S.Ag., M.A dan Muhlison, M.Ag
Keywords: Keterampilan Guru; Memotivasi Belajar Siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Nuddin
Date Deposited: 23 Sep 2020 02:24
Last Modified: 23 Sep 2020 02:24
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5199

Actions (login required)

View Item View Item