Harahap, Samiani (2014) Peningkatan pemahaman konsep dan kreativitas melalui penggunaan game siswa kelas IV SD Negeri 100910 Gunung Tua Paluta. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
10 330 0031.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini dilakukan berawal dari wawancara dengan para guru matematika di SD Negeri 100910 Gunung Tua Paluta yang menyatakan bahwa hasil belajar matematika khususnya materi pecahan yang diperoleh siswa selalu rendah berdasarkan data hasil ulangan harian materi pecahan dan ulangan semester. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat peningkatan pemahaman konsep dan kreativitas melalui penggunaan game siswa kelas IV SD Negeri 100910 Gunung Tua Paluta. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah dengan penggunaan game dapat meningkatkan pemahaman konsep dan kreativitas siswa kelas IV SD Negeri 100910 Gunung Tua Paluta. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu Tadris Matematika. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan peningkatan kualitas pembelajaran matematika khususnya materi pecahan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas merupakan proses pengkajian melalui sistem berdaur atau siklus. Penelitian ini dilakukan sampai dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Instrumen pengumpul data dalam penelitian ini adalah melalui tes, observasi dan dokumentasi. Setelah dilaksanakan tindakan pada penelitian ini diperoleh hasil tes awal dengan jumlah siswa yang tuntas ada 8 orang dari 25 siswa atau 32% dari total jumlah siswa. Hasil tes siklus I pertemuan I diperoleh nilai rata-rata siswa 35,8 dengan persentase ketuntasan belajar siswa 12% dan kreativitas siswa sebesar 49% yang menunjukkan siswa masih sangat kurang aktif dalam pembelajaran, dan pada pertemuan II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 43 dengan persentase ketuntasan belajar 32% dan kreativitas siswa meningkat menjadi 51,6% yang menunjukkan siswa masih kurang aktif . Selanjutnya pada siklus II pertemuan I diperoleh nilai rata-rata siswa 73,8 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 72% dan kreativitas siswa sebesar 61% yang menunjukkan siswa sudah cukup aktif, dan pada pertemuaan II diperoleh nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 81,6 dengan persentase ketuntasan belajar 92% ndan nilai kreativitas siswa mencapai 73% yang menunjukkan bahwa siswa sudah aktif mengikuti proses belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Lelya Hilda, M.Si dan Suparni, S.Si., M.Pd |
Keywords: | Pemahaman konsep; kreativitas; Penggunaan game |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mrs. Elysa Fitri Pakpahan |
Date Deposited: | 23 Sep 2020 01:51 |
Last Modified: | 23 Sep 2020 01:52 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5198 |
Actions (login required)
View Item |