Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya guru pendidikan agama islam dalam menerapkan pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan di SMPN I Kecamatan Dolok Kabupaten Paluta

Hasibuan, Mhd Amran (2013) Upaya guru pendidikan agama islam dalam menerapkan pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan di SMPN I Kecamatan Dolok Kabupaten Paluta. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
083100114.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam menerapkan pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan, apa kendala-kendala yang dihadapi Guru Pendidikan Agama Islam dalam menerapkan pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan, dan apa upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kendala-kendala dalam menerapkan pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan di SMPN I Kecamatan Dolok Kabupaten Padang Lawas Utara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam menerapkan pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan, untuk mengetahui kendala yang dihadapi Guru Pendidikan Agama Islam dalam menerapkan pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan, dan untuk mengetahui upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kendala dalam menerapkan pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan di SMPN I Kecamatan Dolok Kabupaten Padang Lawas Utara. Kegunaan penelitian ini adalah Sebagai sumbangan pemikiran kepada lembaga pendidikan khususnya di SMP Negeri 1 Kecamatan Dolok Kabupaten Padang Lawas Utara, Untuk menambah khazanah ilmu pengetahuan dalam bidang ilmu pengetahuan, dan Sebagai persyaratan untuk menyelesaikan program sarjana strata satu (S1) dalam ilmu pendidikan agama Islam fakultas tarbiyah STAIN Padangsidimpuan. Penelitian ini dilaksanakan secara kualitatif dengan metode deskriptif yaitu penelitian yang diarahkan untuk menggambarkan gejala-gejala atau kejadian secara sistematis dan akurat yang ada di lapangan. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini tentang upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam menerapkan pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan di SMPN I Kecamatan Dolok Kabupaten Padang Lawas Utara, belum berjalan dengan baik. Disebabkan oleh kurangnya kemampuan guru di dalam menerapkan pembelajaran PAKEM dan keterbatasan media dan sarana pendidikan yang ada di SMPN I Kecamatan Dolok. Adapun upaya yang dilakukan guru dan pihak sekolah dalam mengatasi masalah tersebut adalah peningkatan pembiayaan untuk keperluan sarana dan prasarana pendidikan, peningkatan kemampuan guru melalui pelatihan, peningkatan kerjasama antara masyarakat dan komite sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. Mhd. Darwis Dasopang, MA.g dan Muhammad Yusuf Pulungan, M.A
Keywords: Guru Pendidikan Agama Islam., pembelajaran Aktif, kreatif, Efektif Dan Menyenangkan
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 22 Sep 2020 05:02
Last Modified: 22 Sep 2020 08:27
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5189

Actions (login required)

View Item View Item