Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh model pembelajaran Talking Stick terhadap kemampuan kognitif siswa pokok bahasan operasi hitung bilangan bulat di kelas V SDN 200121 Kayuombun

Siregar, Evy Maida (2014) Pengaruh model pembelajaran Talking Stick terhadap kemampuan kognitif siswa pokok bahasan operasi hitung bilangan bulat di kelas V SDN 200121 Kayuombun. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
10 330 0092.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan kognitif siswa di SDN 200121 Kayuombun dalam pembelajaran matematika, khususnya dalam pokok bahasan operasi hitung bilangan bulat sehingga hasil belajar siswa pun rendah. Hal ini disebabkan model pembelajaran yang digunakan kurang menarik dan monoton. Untuk mengatasi masalah tersebut, guru dituntut harus mampumenggunakan model pembelajaran yang menarik dan menyenangkan, sehingga peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul “Pengaruh Model PembelajaranTalking StickTerhadap Kemampuan Kognitif Siswa Pokok Bahasan Operasi Hitung Bilangan Bulat Di Kelas V SDN 200121 Kayuombun”. Rumusan masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran talking stick terhadap kemampuan kognitif siswa pokok bahasan operasi hitung bilangan bulat di kelas V SDN 200121 Kayuombun. Adapun tujuan peneliti anini adalah untuk mengetahui ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran talking stick terhadap kemampuan kognitif siswa pokok bahasan operasi hitung bilangan bulat di kelas V SDN 200121 Kayuombun. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat berguna bagi lembaga pendidikan, tenagapendidik, pesertadidikdanpenelitisendiri. Metode penelitian ini adalah metode eksperimendenganmenggunakan model nonrandomized control group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 200121 Kayuombun yang terdiri dari 2 kelasdanberjumlah 32 orang. Adapun sampeldalam penelitianini adalahkelas V-A sebagaikelaseksperimendankelas V-B sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes kemampuan kognitif siswa dan observasi. Adapun teknik analisis datanya yaitu menggunakan uji normalitas,ujihomogenitas,ujikesamaandua rata-rata danuji-t. Hasil penelitian ini adalah berdasarkan perhitunganuji-t diperolehthitung=10,935 danttabel =1,697. Karenathitung=10,935 >ttabel =1,697, maka Haditerimaya itu bahwa rata-rata kemampuan kognitif siswa pada pokok bahasan ii operasi hitung bilangan bulat dengan menggunakan model pembelajaranTalking Sticklebih baik dari rata-rata kemampuan kognitif siswa pada pokok bahasan operasi hitung bilangan bulat tanpa menggunakan model pembelajaran Talking Stick..Sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran talking stick terhadap kemampuan kognitif siswa pokok bahasan operasi hitung bilan ganbulat di kelas V SDN 200121 Kayuombun.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Aswadi,S.E.,M.Si dan Almira Amir,M.Si
Keywords: Talking Stick, Operasi hitung bilangan bulat
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 22 Sep 2020 08:43
Last Modified: 23 Sep 2020 01:54
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5182

Actions (login required)

View Item View Item