Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam upaya meningkatkan kreativitas dan berpikir kritis siswa kelas X-9 pokok bahasan bangun ruang di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Padangsidimpuan

Pramono, Eka Sartika (2014) Penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam upaya meningkatkan kreativitas dan berpikir kritis siswa kelas X-9 pokok bahasan bangun ruang di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
10 330 0089.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (10MB)

Abstract

Dalam proses pembelajaran metode yang digunakan guru masih monoton sehingga siswa mudah bosan. Pendekatan yang digunakan guru belum tepat yang mengakibatkan siswa belum efektif dalam proses pembelajaran. Sehingga kreativitas dan berpikir kritis belajar matematika siswa masih rendah dan nilai hasi belajar yang diperoleh siswa masih di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan pendekatan Contekstual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan kreativitas dan berpikir kritis belajar matematika siswa di kelas X-9 SMA Negeri 3 Padangsidimpuan. Dalam penelitian ini yang menjadi setting penelitian adalah siswa SMA Negeri 3 Padangsidimpuan dan subjek penelitian adalah kelas X-9 yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi siswa yang dilakukan dan didukung oleh tes hasil belajar siswa. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data adalah melalui observasi dan didukung oleh tes hasi belajar. Di dalam analisis data observasi ada dua data pokok yaitu proses dan data hasil. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik komparasi (membandingkan) yaitu membandingkan kondisi antara siklus pertaman dengan siklus kedua. Dari hasil penelitian bahwa pada siklus I pertemuan pertama kreativitas dan berpikir kritis belajar matematika siswa masih rendah, kemudian meningkat pada pertemuan kedua yaitu setiap indikator-indikator dari kreativitas dan tes berpikir kritis belajar matematika siswa meningkat. Karena peningkatan kreativitas dan berpikir kritis belajar matematika siswa belum memenuhi dari aspek yang diamati maka dilanjutkan ke siklus II, yaitu pada pertemuan pertama indikator-indikator kreativitas dan tes berpikir kritis siswa meningkat pada pertemuan pertama. Dan mengalami peningkatan pada pertemuan kedua indikator-indikator kreativitas dan tes berpikir kritis sudah memenuhi bahkan melebihi dari aspek yang diamati yaitu 80%. Lalu peningkatan kreativitas dan berpikir kritis didukung oleh peningkatan hasil belajar yang diperoleh siswa dalam setiap siklus. Maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan Contekstual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan kreativitas dan berpikir kritis matematika siswa kelas X-9 SMA Negeri 3 Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs.Abdul Sattar Daulay,M.Ag dan Suparni,S.Si.,M.Pd
Keywords: Contextual Teaching and Learning (CTL, Bangun ruang
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 23 Sep 2020 02:03
Last Modified: 23 Sep 2020 02:03
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5180

Actions (login required)

View Item View Item