Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pelaksanaan pembelajaran contextual teaching and Learning (CTL)bidang studi pendidikan agama islam kelas VII1 di MTs Negeri 1 Padangsidimpuan

Sari, Puspita (2013) Pelaksanaan pembelajaran contextual teaching and Learning (CTL)bidang studi pendidikan agama islam kelas VII1 di MTs Negeri 1 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
083100022.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (21MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah pelaksanaan CTL bidang studi Pendidikan Agama Islam kelas VII1 di MTs Negeri 1 Padangsidimpuan belum terlaksana secara maksimal. Hal ini terlihat bahwa siswa masih sering melakukan pekerjaan rumah (PR) dengan menghapal materi-materi yang terdapat dalam bidang studi PAI. Sedangkan dari pihak pimpinan sekolah, Kepala Sekolah telah memberikan dorongan dan motivasi kepada tenaga pendidik agar menerapkan pendekatan CTL dalam proses pembelajaran. Berdasarkan latar belakang penelitian di atas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) bidang studi Pendidikan Agama Islam kelas VII1 di MTs Negeri 1 Padangsidimpuan. Dan untuk mengetahui kendala dan solusi yang ditawarkan dalam menggunakan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) bidang studi Pendidikan Agama Islam kelas VII1 di MTs Negeri 1 Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif yang berusaha untuk menggambarkan objek sesuai apa adanya. Adapun sumber datanya adalah guru Pendidikan Agama Islam yang mengajar di kelas VII1 berjumlah 4 orang, dan Kepala Sekolah. Dari hasil penelitian yang dilaksanakan diperoleh kesimpulan bahwa: pelaksanaan pembelajaran CTL bidang studi Pendidikan Agama Islam di kelas VII1 belum terlaksana secara maksimal karena pemahaman guru terhadap CTL terkesan masih kurang, sebab tidak semua komponen-komponen dalam pendekatan CTL diterapkan guru dalam proses pembelajaran. Adapun kendala yang ditemukan berupa motivasi yang diberikan guru belum memberi dampak yang berarti. Hal ini terlihat masih tergolong sedikit siswa yang aktif bertanya atau menyampaikan gagasannya. Ini disebabkan siswa takut salah dan tidak percaya pada diri sendiri. Dan kurangnya bimbingan yang diberikan guru, baik pada waktu diskusi dalam kelompok maupun dalam menyimpulkan materi yang sudah dipelajari. Adapun solusi yang ditawarkan berupa guru tetap memberikan motivasi kepada siswanya agar siswa berani menyampaikan gagasannya tanpa harus takut salah dan mengupayakan agar siswa tetap aktif dalam belajar, baik secara individu maupun kelompok.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. Samsuddin Pulungan, M.Ag dan Ali Asrun Lubis, S.Ag., M.Pd
Keywords: Pendidikan Agama Islam., Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 22 Sep 2020 03:06
Last Modified: 22 Sep 2020 03:06
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5175

Actions (login required)

View Item View Item