Nasution, Nur azizah (2013) Pengaruh model pembelajaran aptitude treatment interaction (ATI) terhadap hasil belajar pokok bahasan lingkaran siswa kelas VIII SMP N 1 Sungai Kanan Langga Payung. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
09 330 0087.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika untuk materi lingkaran siswa kelas VIII SMP N 1 Sungai Kanan Langga Payung karena siswa kurang fokus dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas, siswa malu bertanya tentang materi yang belum dipahami, guru masih kurang efektif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) terhadap hasil belajar pokok bahasan lingkaran siswa kelas VIII SMP N 1 Sungai Kanan Langga Payung. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) terhadap hasil belajar pokok bahasan lingkaran siswa kelas VIII SMP N 1 Sungai Kanan Langga Payung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksprimen yang berdesain pretest-postest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Sungai Kanan Langga Payung tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri 9 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 303 orang, sedangkan sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan jumlah sampel setiap kelas 33 (tiga puluh tiga) orang siswa siswi SMP N 1 Sungai Kanan Langga Payung. Berdasarkan hasil perhitungan pretest diperoleh thitung = 0,45 dengan taraf signifikan 5% dk = (n1 + n2 - 2) = (33+33-2))=64 dan ttabel = 1,66. Karena thitung < ttabel (0,45 < 1,66) maka tidak ada perbedaan rata-rata perbedaan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Sedangkan hasil perhitungan postest diperoleh thitung = 11,10 sementara dari daftar distribusi t diperoleh ttabel = 1,66 dengan peluang (1-5%)=95% dk = (n1 + n2 - 2) = (33+33-2))=64. Karena thitung > ttabel (0,45 >1,66). Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima yaitu ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) terhadap hasil belajar pokok bahasan lingkaran siswa kelas VIII SMP N 1 Sungai Kanan Langga Payung
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Lelya Hilda dan Almira Amir |
Keywords: | Hasil belajar; matematika; lingkaran |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 22 Sep 2020 03:02 |
Last Modified: | 22 Sep 2020 03:02 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5173 |
Actions (login required)
View Item |