Hasibuan, Intan (2013) Upaya meningkatkan hasil belajar matematika pada pokok bahasan lingkaran melalui pembelajaran kontekstual pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Panyabungan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
09 330 0076.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Adapun masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa pada pokok bahasan lingkaran.Rata-rata nilai matematika siswa hanya mencapai KKM yang ditentukan oleh sekolah yaitu 65. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan lingkaran. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas, dengan instrumen pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan mencari rata-rata kelas dan ketuntasan belajar. Dilihat dari nilai rata-rata kelas yang diperoleh siswa dari sebelum siklus yaitu 57,5 atau ketuntasan yang diperoleh adalah 37,5% dan pada siklus I nilai ratarata kelas yang diperoleh siswa adalah 61 sedangkan pada siklus II nilai rata-rata kelas yang diperoleh siswa adalah 67,88. Dengan peningkatan siswa yang tuntas belajar sebelum siklus 12 siswa, pada siklus I 18 siswameningkat menjadi 27 siswa pada siklus II. Sehinggahasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan lingkaran melalui pembelajaran kontekstual pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Panyabungan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Suparni dan Nursyaidah |
Keywords: | Hasil belajar; matematika; pembelajaran kontekstual |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 22 Sep 2020 03:25 |
Last Modified: | 22 Sep 2020 03:25 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5171 |
Actions (login required)
View Item |