Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan strategi pakem melalui simulasi alat peraga kertas lipat untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan pecahan kelas III –A SD Negeri 100890 Muaratais

Harahap, Amdani (2014) Penerapan strategi pakem melalui simulasi alat peraga kertas lipat untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan pecahan kelas III –A SD Negeri 100890 Muaratais. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
09 330 0070.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Adapun masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pokok bahasan pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah strategi pakem melalui simulasi alat peraga kertas lipat dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan pecahan, kelas III-A. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas, dimana penelitian tindakan kelas merupakan pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersama. Yaitu dengan menggunakan beberapa siklus, sehingga pada setiap tahap dapat dilihat letak peningkatan hasil belajar siswa, dan instrumen pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan mencari rata-rata kelas dan ketuntasan belajar. Dilihat dari nilai rata-rata kelas yang diperoleh siswa pada tes kemampuan awal yaitu 55,83, dengan persentase ketuntasan yang diperoleh adalah 29,16%, dan pada siklus I pertemuan 1 nilai rata-rata kelas yang diperoleh siswa adalah 59,16, dengan persentase ketuntasan 37,5%, pada pertemuan ke-2 nilai rata-rata kelas yang diperoleh siswa adalah 67,55, dengan persentase ketuntasan 45,83%. Pada siklus II pertemuan ke-1 nilai rata-rata kelas yang diproleh siswa adalah 71,66, dengan persentase ketuntasan siswa 70,83%, dan pertemuan ke-2 nilai rata-rata kelas yang diproleh siswa 80, dengan persentase ketuntasan 87,5%, sehingga dapat dilihat bahwa hasil belajar siswa meningkat pada materi pecahan. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa meningkat dengan menggunakan strategi pakem melalui simulasi alat peraga kertas lipat pada materi pecahan kelas III-A SD Negeri 100890 Muaratais.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nasruddin Hasibuan dan Almira Amir
Keywords: Strategi pakem; alat peraga; hasil belajar; matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 22 Sep 2020 03:34
Last Modified: 22 Sep 2020 03:34
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5170

Actions (login required)

View Item View Item