Tanjung, Titien Saprida (2014) Pengaruh kedisiplinan siswa belajar hasil belajar matematika pada pokok bahasan pecahan di kelas VII MTsN 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
09 330 0067.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini adalah kedisiplinan belajar siswa dari hari ke hari kurang untuk mematuhi peraturan yang ada di sekolah seperti mentaati peraturan, berpakaian, waktu masuk sekolah, sewaktu pelajaran sering izin. Yang akan mempengaruhi hasil belajar siswa, peneliti mencoba melihat pengaruh yang kedisiplinan belajar siswa terhadap hasil belajar matematika pada pokok bahasan di kelas VII MTs N 2 Padangsidimpuan Rumusan masalah penelitian ini adakah pengaruh antara kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar pada pokok bahasan pecahan siswa di kelas VII MTsN 2 Padangsidimpuan, Sedangkan tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan di kelas VII MTsN 2 Padangsidimpuan Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang terdiri atas 4 kelas yang berjumlah 144 orang. Adapun sampel pada penelitian ini adalah kelas 35 orang yang teknik penarikan sampelnya dengan cara “cluster random sampling”, instrumen pengumpulan data dengan angket dan tes. Dengan menggunakan uji statistik dengan rumus korelasi product moment, dilanjutkan dengan uji signifikan dengan menggunakan uji-t, selanjutnya untuk mengetahui seberapa besarkah sumbangan variabel X terhadap variabel Y dengan menggunakan koefisien determinasi dan persamaan regresi linear sederhana, serta untuk melihat kesignifikannya dilihat dengan menggunakan uji F. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa ada signifikasi kedisiplinan belajar siswa terhadap hasil belajar matematika di kelas VII MTsN 2 Padangsidimpuan diperoleh bahwa rhitung sebesar 0,48 yang menunjukkan hasil hubungan sedang, thitung sebesar 3,58 dan ttabel sebesar 2,04 ternyata thitung > ttabel, sedangkan konstribusi kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa yaitu sebesar 23,04% yaitu hasil belajar dipengaruhi kedisiplinan dan 76,96 dipengaruhi faktor-faktor lain, persamaan regresi Y= 35-0,5 X, Fhitung 8,025 > Ftabel 4,14. Jadi hipotesis hubungan terdapat pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika terbukti
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Muhammad Darwis Dasopang dan Lelya Hilda |
Keywords: | Kedisiplinan belajar; hasil belajar; pecahan; matematika |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 22 Sep 2020 03:40 |
Last Modified: | 22 Sep 2020 03:40 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5168 |
Actions (login required)
View Item |