Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan aktivitas belajar bidang studi fikih melalui variasi posisi tempat duduk siswa kelas XI di MAN Sibuhuan Kabupaten Padang Lawas

Hasibuan, Lahmi (2013) Peningkatan aktivitas belajar bidang studi fikih melalui variasi posisi tempat duduk siswa kelas XI di MAN Sibuhuan Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
083100048.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Dalam mengelola intraksi proses pembelajaran keterarnpilan mengajar seorang grru sangat diperlukan untuk menciptakan suasana belajar yang aktif' kondusif dan menyenangkan bagi anak didik. Keterampilai mengajar merupakan kemampuan atau kompetensi yang cukup kompleks scbagai integrasi dari be$agai kompetensi guru secara utuh dan menyeluruh dalam melaksanakan tugasnya sebagai gunr- Untuk itu sesis a gwu seharusnya manpu menerapLan keterampilan belajar yang dimilikinya. Penelitian ini bertldua{r untBk mengetahui apakah penggrxraan vanasl posrsl tempat duduk dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa di MAN Sibuhuan Kabupaten Padang Lawas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA I MAN Sibuhuan Kabupaten Padang Lawas Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan Lelas' sehingga penelitian ini memiliki beberapa tahap penelitian berupa siklus Tahap-tahap penelitian tindakan kelas untuk setiap siklusnya melipuli perencanaan tindakan, pela&sanaan tindakan' pelaksanaan observasi, dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan minimal Al.tu tiU,rt, tiap siklusnya dilakukan dua kali pertemuan Dan hasil refleksi siklus I tindakan pertama dan kedua menjadi acuan untuk melakukan siklus II dan seterusnya' Berdasarkan hasil penelilian dapat diketahui bah*a pengprunaan variasi posisi tempat duduk mampu miningkatkan ahtivitas belajar siswa, sebelum melakukan tind-akan siswa yang aktif bertanya 6 siswa (19,35%), nenanggapi 4 siswa (12,907o)' mengkritik 4 si;w; (12,90%), dan memberi kontribusi 3 siswa (9,6770)' Pada saat pelaksanaan tindakan pedama dilakukan siswa yang aktif bertany,a- hanya 1l siswa 13s,48%;, -"n*ggupag siswa (29,03%), mengkritik 7 siswa(22,58%o)' dan rnemberi io"t ituii I "i.*" t22,5870). Pada p€rt€muan kedua aktivitas belajar siswa merringkat yakni siswa yang aktif bertanya 16 siswa 51,61%), menairggapi 12 siswa (38,70%), mengkritik i0 siswa (32,25%), dan memberi kontribusi 1l siswa (35,48%) Pada perte1nuan pertama siiclus II siswa yang aktif bertambah yalni^siswa yang aktif iertanya me4jadi 20 siswa (64,517o), menanggapi 15 siswa (48,38%), mengkritik siswa yang aktif semakin befiambah juga yakni yang al:tif bertanya menjadi 22 siswa (70,96%), menanggapi 21 siswa (6'1,'14%), mengkirlk 23 siswa (74,19%), dan memberi kontribusi 20 siswa (64,51%). Dengan demikian posisi tempat duduk yang paling meningkatkan aktivitas belajal siswa kelas XI di MAN Sibuhuan Kabupatefl Padang Lawas adalah posisi tempat duduk d€ngan bentuk U.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. Asnah, M.A dan Ali Asrun Lubis, S.Ag., M.Pd
Keywords: Aktivitas Belajar; Fikih; Variasi Posisi Tempat Duduk
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Nuddin
Date Deposited: 22 Sep 2020 03:21
Last Modified: 15 Jun 2021 03:31
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5165

Actions (login required)

View Item View Item