Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Problematika pembelajaran membaca AI- Qur'an di MIS Al- Abrar Hutatonga Kecarnatan Batang Angkola

Siregar, Nurunnisa (2013) Problematika pembelajaran membaca AI- Qur'an di MIS Al- Abrar Hutatonga Kecarnatan Batang Angkola. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
083100021.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini be{udul Problemarika Pembelajaran Membaca Al- Qur'an di MIS Al- Abrar Hutatonga Kecamatan Batang Angkola, yaitu suatu pembahasan tentang Problematika Pembelajaran Membaca Al- Qur'an di MIS Al- Abrar Hutatolga Kecamatan Batang Angkota" Tujuan penulisan skipsi ini adalah untuk mengetahui Problematika Pembelajaran Membaca Al- Qur'an di MIS AI- Abrar Hutalonga Kecamalan Batang Angkola. Dan solusi wrhrk mengatasi Ploblenatika Pembelajaran Meobaca Al- Qur'an di MIS Al- Abrar Hutatonga Kecamatan Batang Angkola. Penelitian ini di laksaDa&atr dc4gan'irtode l-ualitatii Deskriptif yaitu menggamba*an bagaimana fenomera yang terjadi di lapangan. Sumber data yang diperoleh terdiri dad data primer dan data skundei Instumen pengumpulan data yang digunakan terdid daxi interviw dan observasi. Tehnik analisis data digunakan untuk mendiskipsikan data tentang melgetahui Problernatika Pemhelajamn Membaca Al- Qur'an di MIS Al- Abmr Hutatonga Kecamatan Batang Angkola. Dari penelitian dan pembatrasan yang dilaksanakrur dipercle,h kesimpulan bahwa Problematika Pembelajaran Membeca A1- Qur'an di MIS Al- Abiar Hutatonga Kecamatan Batang Angkol4 terdiri dari lima problematika yaitu: problematika yang berhubungan dengan tingkat perkembangan dan pengatahuan allak didik, problematika yang berhubungan dengan tingkat p€nguasaart dan pengembangan maleri guru, proleDatika yang berhubungan dedgar pengelolaan kelas dan metode mengajar, problematila yang berhubungan deugan media dan sumber belajar, problematika yang berhubungan dengan evaluasi. Dan solusinya adalah : solusi dalam mengatasi problernatika yang berhubrmgan dengan tingkat perkembangan dan pengatahuan anak didik adalah dengao cara mengenali kaidkledstik siswa, solusi dalam mengatasi problematika yalrg berhubungan derdan tingkat penguasaan dan pengembangan nateri guru adalah dengan ca|a mencari balran banding sebagai sumber pembelajaran, solusi dalam mengatasi problematika yang berhubungan dengan pengelolaan kelas dan rnetode mengajar a,lalah guru harus bisa mengemas matri pelajaran secara sistenatis dan nenggunakan kombinasi beberapa metode mengajar yang sesuai dengan pokok baha:ran, solusi dalam mengatasi problematika yang berhubungan dengan media dan sumber belajar adalah dengan cara menyuruh siswa/i selalu membawa Al-Qur'an dari rumalL solusi dalam mengalasi problematika yang berhubuogan dengan evaluasi adalah dengan oenggunakau pre test dan apersepsi sebelLrm mengajar dan sebelum menielaskan pokok bahasan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Erawadi, M.Ag dan Drs. Dame Siregar, M.A
Keywords: Problematika Pembelajaran Membaca Al- Qur'an
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Nuddin
Date Deposited: 22 Sep 2020 04:20
Last Modified: 22 Sep 2020 04:20
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5162

Actions (login required)

View Item View Item