Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Perbedaan Hasil belajar sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) dengan menggunakan model contextual teaching and learning (CTL) dengan pendekatan realistik siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Padangsidimpuan

Nasution, Sri Kusuma Wardah (2014) Perbedaan Hasil belajar sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) dengan menggunakan model contextual teaching and learning (CTL) dengan pendekatan realistik siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
09 330 0097.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Pada penelitian ini, masalah yang dikemukakan adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Siswa kesulitan menyelesaikan soal-soal matematika khususnya pada materi system persamaan linear dua variable (SPLDV). Ini disebabkan karena kurang sesuainya model pembelajaran yang dipilih dengan materi yang disampaikan. Mengingat pentingnya kualitas pendidikan dan menanggapi masalah yang dihadapi siswa, peneliti menggunakan model Contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan Realistik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Sistem Persamaan Linear Dua Variable (SPLDV) dengan menggunakan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Pendekatan Realistik siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 5 padangsidimpuan yang berjumlah 284 orang. Sampel diambil dari populasi dengan acuan cluster random sampling, jadi sampel yang diambil sebanyak dua kelas yaitu kelas VIII4 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 23 orang dan kelas VIII3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 26 orang. Kemudian instrumen yang digunakan sebagai pengumpul data adalah tes yaitu pre-tes (sebelum diberi perlakuan) dan post-tes setelah diberikan perlakuan) yang berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal. Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu diuji normalitas dan hogomonitas untuk mengetahui bahwa sampel berasal dari populasi yang memiliki varians yang hogomen dan dan berdistribusi normal. Dari analisis data kelas eksperimen VIII4 untuk data pre-tes diperoleh rata-rata 83,9 dengan simpangan baku 11,333. Sedangkan untuk data post- tes 74,88 dengan simpangan baku 9,697. Dari analisis data kelas kontrol VIII3 untuk data pre-tes diperoleh rata-rata 53,54 dengan simpangan baku 12,884, sedangkan untuk data post-tes 77,44 dengan simpangan baku11,187. Dari analisis data dengan menggunakan uji t diperoleh thitung = 2,98 sedangkan ttabel = 2,00 dengan taraf 0,05 ternyata thitung › ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa ada perbedaan yang signifikan dalam prestasi belajar siswa. Dimana hasil belajar siswa yang diajarkan melalui Pendekatan Realistik lebih tinggi dari pada yang diajarkan melalui model Contextual Teacing and Learning (CTL) di kelas VIII SMP Negeri 5 Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Asnah, MA dan Suparni, S.Si, M.Pd
Keywords: Hasil belajar; Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV); Contextual Teaching And Learning (CTL)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 22 Sep 2020 02:30
Last Modified: 22 Sep 2020 02:30
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5161

Actions (login required)

View Item View Item