Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Problematika dalam belajar matematika pokok bahasan operasi pada bilangan bulat siswa kelas V SD Labuhan Jurung Kecamatan Simangambat

Nasution, Samsiah (2013) Problematika dalam belajar matematika pokok bahasan operasi pada bilangan bulat siswa kelas V SD Labuhan Jurung Kecamatan Simangambat. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
09 330 0095.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (13MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dikarenakan guru masih menggunakan metode dan pendekatan yang bersifat monoton dalam proses pembelajaran yang mengakibatkan siswa bosan dan tidak mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru malahan siswa berbicara satu sama lain atau satu bangku, sehingga kelas menjadi ribut dan proses pembelajaran kurang efektif Berdasarkan masalah penelitian di atas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja problematika dalam belajar matematika pokok bahasan operasi pada bilangan bulat siswa kelas V SD Labuhan Jurung Kecamatan, untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kesulitan belajar matematika pokok bahasan operasi pada bilangan bulat siswa kelas V SD Labuhan Jurung Kecamatan Simangambat, untuk mengetahui usaha guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika pokok bahasan operasi pada bilangan bulat siswa kelas V SD Labuhan Jurung Kecamatan Simangambat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dan sumber data penelitian ini adalah guru dan siswa Kelas V SD Labuhan Jurung Kecamatan Simangambat, instrument pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara dan dilengkapi dengan dokumentasi Sedangkan untuk pengelolaan dan analisis data dengan teknik kualitatif deskriptif Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa problematika dalam belajar matematika pokok bahasan operasi pada bilangan bulat yaitu kurangnya pengetahuan guru terhadap metode pembelajaran dan guru kurang memperhatikan siswa dalam proses pembelajaran yang mengakibatkan siswa bosan dan jenuh sehingga siswa tidak mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru, dan akhirnya kelas menjadi ribut dan proses pembelajaran kurang efektif dan kurang memanfaatkan media yang mengakibatkan siswa cepat lupa dan tidak bisa menangkap konsep dengan benar sehingga siswa tidak bisa mengingat kembali kesan-kesan yang telah disampaikan oleh guru. Faktor-faktor yang mempengaruhi problematika belajar matematika yaitu faktor- internal dan eksternal, adapun faktor internal dan eksternal adalah minat, motivasi, intelegensi, guru dan cara mengajar, media pembelajaran, keadaan ekonomi orang tua dan kedaan kelas ataupun lingkungan sekolah yang kurang memadai. Dan usaha guru dalam mengatasi problematika belajar matematika yaitu dengan menggunakan pendekatan realistik dan metode tanya jawab membuat siswa merasa senang, dan mereka merasa wawasannya bertambah, mereka lebih mudah mengaitkan matematika dengan kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Lelya Hilda, M.Si. dan Mariam Nasution, M.Pd.
Keywords: Bilangan Bulat
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 22 Sep 2020 02:21
Last Modified: 22 Sep 2020 02:21
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5160

Actions (login required)

View Item View Item