Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Hubungan keterampilan mengelola kelas dengan keaktifan belajar pendidikan agama islam siswa SMP Negeri 1 Muara Batangtoru

Ariati, Ariati (2013) Hubungan keterampilan mengelola kelas dengan keaktifan belajar pendidikan agama islam siswa SMP Negeri 1 Muara Batangtoru. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
083100135.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah pengelolaan kelas yang kurang baik yang menyebabkan kurangnya keaktifan belajar siswa. Ada beberapa indikasi yang menunjukkan keaktifan belajar siswa masih kurang antara lain siswa acuh tak acuh terhadap pelajaran, membolos dari sekolah, siswa datang terlambat, siswa tidak mengikuti mata pelajaran pada jam pertama karena dapat hukuman dari sekolah, tidak mengerjakan tugas atau pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru dan sering perhatian siswa terbagi dengan kegiatan lain ketika pembelajaran berlangsung. Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan keterampilan mengelola kelas dengan keaktifan belajar pendidikan agama Islam siswa SMP Negeri 1 Muara Batangtoru? Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara keterampilan mengelola kelas dengan keaktifan belajar pendidikan agama Islam siswa SMP Negeri 1 Muara Batangtoru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang dilaksanakan dengan menggunakan metode deskriptif dan inferensial dengan rumus Product Moment. Metode ini digunakan untuk mendeskripsikan bagaimana hubungan keterampilan mengelola kelas dengan keaktifan belajar Pendidikan Agama Islam siswa. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/i SMP Negeri 1 Muara Batangtoru yang berjumlah 180 siswa. Adapun teknik sampling yang digunakan adalah Stratified Proporsional Random Sampling. Sampel yang diperoleh berjumlah 90 orang siswa. Instrument yang digunakan adalah angket dan teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik. Hasil penelitian ini adalah berdasarkan analisis data dengan perhitungan korelasi product moment diperoleh r.hitung= 0,305 dan r.tabel = 0,254. Ternyata r. hitung> r.tabel maka hipotesis dalam penelitian ini diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan keterampilan mengelola kelas dengan keaktifan belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMP Negeri 1 Muara Batangtoru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs.Asnah,M.A dan Magdalena,M.Ag
Keywords: Keterampilan mengelola kelas, Keaktifan belajar
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 23 Sep 2020 02:19
Last Modified: 23 Sep 2020 02:19
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5155

Actions (login required)

View Item View Item