Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis kesulitan siswa belajar matematika pada pokok bahasan operasi hitung bilangan bulat di kelas II MIN 2 Padangsidimpuan

Harahap, Masruroh (2014) Analisis kesulitan siswa belajar matematika pada pokok bahasan operasi hitung bilangan bulat di kelas II MIN 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
09 330 0049.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini adalah kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa dalam belajar matematika khususnya pada pokok bahasan operasi hitung bilangan bulat yang dilihat dari hasil tes, wawancara, observasi dan berapa persentase kesullitan siswa dalam menjawab soal yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan bulat. Sedangkan yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam belajar matematika khususnya pada pokok bahasan operasi hitung bilangan bulat, faktorfaktor yang mempengaruhi kesulitan siswa dalam belajar matematika khususnya pada pokok bahasan operasi hitung bilangan bulat, serta upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar yang dialami siswa dalam belajar matematika khususnya pada pokok bahasan operasi hitung bilangan bulat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan metode deskriptif. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan dilakukan dengan menggunakan instrument pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Sedangkan untuk pengolahan dan analisis data dilaksanakan secara kualitatif deskriptif. Selanjutnya penelitian ini memiliki sumber data primer yaitu siswa kelas II MIN 2 Padangsidimpuan, dan sumber data sekunder yaitu guru bidang studi matematika kelas II MIN 2 Padangsidimpuan dan dokumentasi. Adapun kesulitan yang dialami siswa dalam belajar matematika pada pokok bahasan operasi hitung bilangan bulat dilihat dari hasil tes yang diperoleh siswa adalah: siswa tidak dapat meletakkan nilai tempat bilangan, siswa tidak memahami langkah-langkah penyelesaian, penyelesaian tidak teliti, siswa kesulitan dalam menyimpan dan meminjam pada operasi hitung bilangan bulat, ketidakmampuan siswa dalam memahami soal cerita pada operasi hitung bilangan bulat, dan ketidakmampuan siswa mengubah soal cerita ke dalam kalimat matematika pada operasi hitung bilangan bulat. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan siswa dalam belajar matematika pada pokok bahasan operasi hitung bilangan bulat adalah faktor intern dan ekstern yaitu kurangnya minat dan motivasi dari diri siswa, inteligensi, keadaan kelas/tempat belajar, kesiapan belajar, kurangnya sarana dan prasarana dalam lingkungan sekolah (alat peraga), dan lain- lain. Dan upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa dalam memahami operasi hitung bilangan bulat adalah dengan cara melaksanakan remedial atau les serta memberikan latihan yang cukup bagi siswa dari guru yang bersangkutan serta guru harus menggunakan metode atau stategi yang bervariasi dalam setiap pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Lelya Hilda dan Fatahuddin Aziz Siregar
Keywords: kesulitan siswa belajar; operasi hitung bilangan bulat
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 21 Sep 2020 08:34
Last Modified: 21 Sep 2020 08:34
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5146

Actions (login required)

View Item View Item