Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pendidikan karakter dalam perspektif islam

Novadila, Abidah Tika (2013) Pendidikan karakter dalam perspektif islam. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
093100002.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam”. Berdasarkan masalah diatas maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana konsep pendidikan karakter dalam al-Qur’an, bagaimana konsep pendidikan karakter dalam Hadits, bagaimana relevansi kandungan al-Qur’an dan Hadits dengan paradigma pendidikan karakter. Penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research) dengan pendekatan tematik dan dianalisis dengan menggunakan content analyze (analisis isi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pendidikan karakter dalam al-Qur’an meliputi: a. Manusia adalah makhluk yang memiliki tabiat, potensi dan kecenderungan ganda, yakni positif dan negatif. b. Masa tepat pembentukan karakter dimulai sejak dalam kandungan, karena anak belajar dimulai dari apa yang dia dengar, lihat, dan rasakan. c. Subjek dan objek pendidikan karakter adalah setiap individu manusia yang berkewajiban mentransformasikan dan menginternalisasikan nilai-nilai positif bagi orang lain dan dia juga berhak menerima pengaruh positif dari lingkungannya, serta Rasulullah SAW adalah al-Qur’an hidup (the living Qur’an) sebagai subjek pendidikan karakter terbaik bagi manusia. d. Tahap pembentukan karakter bermula dari konsep yang ditanamkan pada diri anak, lalu diajarkan agar mencintai karakter atau perilaku tersebut, kemudian membiasakannya sehingga melakukannya tanpa paksaan. Konsep pendidikan karakter dalam dalam Hadits meliputi: a. Pembentukan karakter yang didasari keteladanan akan menuai kebaikan bagi dirinya sendiri dan orang lain. b. Dalam pandangan Islam, manusia lahir disunia ini membawa fitrah yang akan berkembang tergantung bagaimana lingkungan itu mempengaruhi. Relevansi kandungan al-Qur’an dan Hadits dengan paradigm pendidikan karakter meliputi: a. Manusia adalah individu yang memiliki dua potensi alamiah. b. Pembentukan karakter dimulai sejak manusia dalam kandungan ibu sampai akhir hayat. c. Setiap manusia memiliki prosentase hak dan kewajiban yang sama untuk menajamkan potensi fitrah yang dimilikinya. d. Keteladanan mempunyai andil yang sangat besar dalam pembentukan karakter. e. Tahap pembentukan karakter berawal dari penanaman konsep (tauhid), penerapan cara agar anak mau berbuat baik (akhlakul karimah), mengembangkan sikap mencintai perbuatan baik (ibadah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Muhammad. Darwis Dasopang, M.Ag, dan Muhlison, M. Ag
Keywords: Konsep Pendidikan Karakter Dalam Al-Qur’an., Konsep Pendidikan Karakter Dalam Hadits
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 24 Sep 2020 06:45
Last Modified: 24 Sep 2020 06:45
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5143

Actions (login required)

View Item View Item