Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh kemampuan siswa mengubah bahasa verbal menjadi bahasa simbol dalam menyelesaikan soal-soal cerita terhadap hasil belajar matematika pada materi perbandingan di kelas VII SMP N 1 Tambangan

Harahap, Marwan Hadi (2013) Pengaruh kemampuan siswa mengubah bahasa verbal menjadi bahasa simbol dalam menyelesaikan soal-soal cerita terhadap hasil belajar matematika pada materi perbandingan di kelas VII SMP N 1 Tambangan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
09 330 0048.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (8MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kemampuan dasar siswa yang masih rendah terutama dalam menyelesaikan soal-soal cerita, sehingga perlu pemahaman bahasa verbal yang memadai dalam memecahkan soal-soal cerita. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan siswa mengubah bahasa verbal menjadi bahasa simbol dalam menyelesaikan soal-soal cerita terhadap hasil belajar matematika pada materi perbandingan di kelas VII SMP N 1 Tambangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara kemampuan siswa mengubah bahasa verbal menjadi bahasa simbol dalam menyelesaikan soal-soal cerita terhadap hasil belajar matematika pada materi perbandingan di kelas VII SMP N 1 Tambangan tahun ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 1 Tambangan yang berjumlah 42 orang terdiri dari dua kelas dan sekaligus menjadi sampel dalam penelitian ini. Selanjutnya instrumen dalam penelitian ini berupa tes uraian kemampuan siswa mengubah bahasa verbal menjadi bahasa simbol dalam menyelesaikan soal-soal cerita dan tes uraian hasil belajar matematika. Berdasarkan analisis data, diperoleh analisis korelasi rxy sebesar 0,717, ini berarti terdapat hubungan yang kuat antara kemampuan siswa mengubah bahasa verbal menjadi bahasa simbol dalam menyelesaikan soal-soal cerita terhadap hasil belajar matematika. Kemudian dilakukan uji hipotesis dengan statistik t dan diperoleh thitung = 6,509 > ttabel 1,6839 pada taraf 5% dan dk = n-2 ini berarti terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan siswa mengubah bahasa verbal menjadi bahasa simbol dalam menyelesaikan soal-soal cerita terhadap hasil belajar matematika. Dengan demikian hipotesis penelitian diterima. Untuk memprediksi tingkat pengaruh variabel kemampuan siswa mengubah bahasa verbal menjadi bahasa simbol dalam menyelesaikan soal-soal cerita terhadap hasil belajar matematika dilakukan dengan uji signifikan analisis regresi diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 42,09 > 4,08 dengan persamaan regresi  Y = 10,11+0,93X. Konstribusi besarnya pengaruh kemampuan siswa mengubah bahasa verbal menjadi bahasa simbol dalam menyelesaikan soal-soal cerita terhadap hasil belajar matematika dapat dilihat melalui koefisien determinasi yaitu sebesar 51,4%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan siswa mengubah bahasa verbal menjadi bahasa simbol dalam menyelesaikan soal-soal cerita terhadap hasil belajar matematika pada materi perbandingan di kelas VII SMP N 1 Tambangan tahun ajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Zulhimma dan Almira Amir
Keywords: mengubah bahasa verbal; bahasa simbol; soal-soal cerita
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 21 Sep 2020 08:23
Last Modified: 21 Sep 2020 08:23
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5142

Actions (login required)

View Item View Item