Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh pemberian tes di akhir pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII MTs. S Darul Ishlah Pagaranbira Kecamatan Sosopan

Panjaitan, Devi Mulyati (2013) Pengaruh pemberian tes di akhir pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII MTs. S Darul Ishlah Pagaranbira Kecamatan Sosopan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
09 330 0038.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya minat dan usaha belajar siswa dalam pembelajaran matematika, serta siswa kurang tertantang dalam mempelajari dan menyelesaikan soal-soal matematika sehingga hasil belajar matematika rendah. Hal ini disebabkan kegiatan pembelajaran yang kurang efektif dan efisien. Untuk mengatasi rendahnya hasil belajar matematika siswa guru matematika menggunakan pemberian tes di akhir pembelajaran, sehingga peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul “pengaruh pemberian tes di akhir pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII MTs. S Darul Ishlah Pagaranbira Kecamatan Sosopan. Rumusan masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan antara pemberian tes di akhir pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII MTs. S Darul Ishlah Pagaranbira Kecamatan Sosopan. Dan adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian tes di akhir pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII MTs. S Darul Ishlah Pagaranbira Kecamatan Sosopan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif dan korelasional. Intrumen yang dibutuhkan untuk mengumpulkan data dilakukan dengan menggunakan angket dan tes, dengan jumlah sampel 34 siswa yang diambil dari populasi 34 siswa sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi. Selanjutnya untuk mengetahui hubungan antara kedua variabel digunakan rumus korelasi product moment dan untuk melihat pengaruh dan sumbangan variabel X kepada variabel Y digunakan rumus persamaan regresi linear sederhana, serta untuk melihat kesignifikanannya dilihat dengan menggunakan uji F. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antar variabel X terhadap variabel Y. Hal ini dibuktikan berdasarkan perhitungan uji F, dengan hasil uji F = 9,061. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Fhitung > Ftabel atau 9,061 > 4,15. Dan hasil koefisien korelasi yang diperoleh 0,466, dengan hubungan antara kedua variabel “sedang”. Setiap tingkat variabel X mengakibatkan kenaikan variabel Y sebesar 0,7, hal ini dapat dilihat dari persamaan regresi ܻ෠ = 53 + 0,7ܺ. Berdasarkan hasil tersebut, hipotesis yang berbunyi bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pemberian tes di akhir pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII MTs. S Darul Ishlah Pagaranbira Kecamatan Sosopan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Replita, M.Si dan Almira Amir, M.Si
Keywords: Pemberian tes; Hasil belajar matematika siswa; lingkaran
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 21 Sep 2020 08:17
Last Modified: 21 Sep 2020 08:17
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5141

Actions (login required)

View Item View Item