Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis kemampuan belajar siswa dalam pokok bahasan pecahan di kelas IV SD Negeri 101270 Nagasaribu Kecamatan Padang Bolak Tenggara

Siregar, Irahayu Surya (2013) Analisis kemampuan belajar siswa dalam pokok bahasan pecahan di kelas IV SD Negeri 101270 Nagasaribu Kecamatan Padang Bolak Tenggara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
09 330 0045.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah tingkat kemampuan belajar kognitif siswa dalam memahami pokok bahasan pecahan yang kemampuan belajarnya rendah dan adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan belajar kognitif siswa di kelas IV SD Negeri 101270 Nagasaribu Kecamatan Padang Bolak Tenggara yaitu faktor internal dan eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan belajar kognitif siswa dalam memahami pokok bahasan pecahan dan faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan belajar siswa dalam memahami pokok bahasan pecahan di kelas IV SD Negeri 101270 Nagasaribu kecamatan Padang Bolak Tenggara. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif survei dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 101270 Nagasaribu kecamatan Padang Bolak Tenggara yang berjumlah 16 orang. Kemudian instrumen yang digunakan sebagai pengumpul data adalah tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan belajar kognitif siswa dalam memahami pokok bahasan pecahan di kelas IV SD Negeri 101270 Nagasaribu kecamatan padang Bolak Tenggara tergolong rendah. Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan belajar kognitif siswa di kelas IV SD Negeri 101270 Nagasaribu Kecamatan Padang Bolak Tenggara adalah faktor dari dalam diri siswa dan faktor dari luar diri siswa itu sendiri. Misalnya minat belajar pecahan sangat rendah, motivasi dari dalam diri siswa dan luar diri untuk belajar pecahan tidak ada, kecerdasan kurang baik, kesiapan, keluarga, guru dan cara mengajar serta lingkungan. Hal ini sangat berpengaruh pada tingkat kemampuan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Agus Salim Lubis dan Mariam Nasution
Keywords: kemampuan belajar; pokok bahasan pecahan
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 21 Sep 2020 08:11
Last Modified: 21 Sep 2020 08:11
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5140

Actions (login required)

View Item View Item