Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pelaksanaan manajemen kepala madrasah tsanawiyah panca dharma padangsidimpuan dalam pencapaian keberhasilan pendidikan

Miskah, Miskah (2013) Pelaksanaan manajemen kepala madrasah tsanawiyah panca dharma padangsidimpuan dalam pencapaian keberhasilan pendidikan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
093100022.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Alasan pemilihan judul dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan manajerial kepala sekolah, rendahnya disiplin kepala sekolah dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya, rendahnya keterampilan kepala sekolah dalam menyelesaikan permasalahan, kurangnya perhatian kepala sekolah terhadap kinerja guru, rendahnya kinerja guru dalam pembelajaran dan rendahnya disiplin guru dalam mematuhi peraturan sekolah.Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana perencanaan kepala Madrasah Tsanawiyah Panca Dharma Padangsidimpuan dalam pencapaian keberhasilan pendidikan. bagaimana pengkordinasian kepala Madrasah Tsanawiyah Panca Dharma dalam pencapaian keberhasilan pendidikan. Apasajakah usaha-usaha yang dilakukan kepala Madrasah Tsanawiyah Panca Dharma Padangsidimpuan dalam pancapaian keberhasilan pendidikan. Apasajakah kendalakendala yang dihadapi kepala Madrasah Tsanawiyah Panca Dharma Padangsidimpuan dan cara mengatasinya. Berdasarkan rumusan masalah maka, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan kepala MTs panca Dharma Padangsidimpuan dalam pencapaian keberhasilan pendidikan, pengkordinasian kepala MTs Panca Dharma padangsidimpuan dalam pencapaian keberhasian pendidikan, dan untuk mengetahui usaha-usaha kepala MTs Panca Dharma Padangsidimpuan dalam pencapaian keberhasilan pendidikan, dan untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi kepala MTs Panca Dharma Padangsidimpuan dalam pencapaian keberhasilan pendidikan dan cara mengatasinya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif , untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan dilaksanakan riset di lapangan, instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya dilakukan analisis data dengan menggunakan logika ilmiah. Setelah penelitian dilakukan dapat diketahui bahwa Perencanaan kepala Madrasah Tsanawiyah Panca Dharma Padangsidimpuan yaitu merumuskan tujuan visi dan misi, menentukan kebijakan yang akan ditempuh dan meyusun programprogram yaitu: bidang Kurikulum 1) Pendataan tertib administrasi mengajar guru, 2) Peningkatan mutu dan kemampuan guru, 3) meningkatkan mutu lulusan, 4) Mewujudkan pelaksanaan ujian semester berjalan tertib dan aman,5) Mewujudkan peningkatan KBM. Bidang Kesiswaan, 1)Penerimaan siswa baru yang tertib, lancar, dan sesuai dengan peraturan, 2) Melaksanakan kegiatan Masa Orientasi Siswa (MOS), 3) Melaksanakan peringatan hari besar Agama Islam dan hari Nasional, 4) Disiplin siswa, 5) Usaha kesehatan sekolah (UKS). Bidang Sarana dan Prasarana, 1) Pengadaan pagar tembok lanjutan, 2) Pembuatan tempat parkir sepeda siswa/guru, 3) Pemeliharaan taman, 4) Pengadaan kelengkapan alat-alat kantor. Bidang Humas, 1) Program kerja, 2) Pertemuan sekolah dengan komite sekolah sehingga terjadi komunikasi yang baik, 3) pertemuan sekolah degan orang tua tentang laporan hasil belajar siswa. Dan Lain-lain, 1) Mengadakan ekstrakurikuler keagamaan, 2) Mengikuti pertandingan atau perayaan hari-hari besar, 3) Mengadakan pertandingan antar kelas. Pengkordinasian kepala Madrasah Tsanawiyah Panca Dharma Padangsidimpuan dalam pencapaian keberhasilan pendidikan yaitu adanya pelaksanaan pertemuan antara para guru dan staf-staf lainnya, pertemuan antara kepala sekolah, pembentukan badan kordinasi, mewawancarai para personil sekolah dan tersedianya buku pedoman organisasi di MTs Panca Dharma Padangsidimpuan. Usaha-usaha kepala Madrasah Tsanawiyah Panca Dharma yaitu, pertama bidang kurikulum 1) memberikan les tambahan, 2) penambahan sarana dan prasarana, kedua bidang kesiswaan 1) membentuk panitia OSIS, 2) penyaluran beasiswa, ketiga bidang sarana dan prasarana 1) menyediakan alat yang diperlukan, 2) mendata ruang kelas yang lampunya rusak, keempat dalam bidang humas, 1) mengundang wali murid, 2) menyampaikan pemberitahuan. Adapun kendala yang dihadapi kepala MTS Panca Dharma yaitu, rusaknya ruang kelas, kurangnya sarana dan prasarana,kurangnya dana pendukung, adanya guru yang mengajar tidak sesuai dengan latar belakang pendidikannya, peranan administrasi yang lemah, kepemimpinan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Muslim Hasibuan, M.A dan Dra. Rosimah Lubis, M.Pd
Keywords: Manajemen Kepala Madrasah Tsanawiyah., Manajerial Kepala Sekolah., disiplin kepala sekolah
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 24 Sep 2020 06:46
Last Modified: 24 Sep 2020 06:46
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5136

Actions (login required)

View Item View Item