Jamiah, Nur (2013) Hubungan penguasaan perkalian dengan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan perpangkatan di kelas V SD Negeri No. 079 Panyabungan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
09 330 0057.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya pemahaman siswa terhadap materi perpangkatan. Hal ini dapat di lihat dari kurangnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal perpangkatan, ada yang tidak mengerjakan tugas yang diberikan oleh Guru dan ada pula yang hanya menunggu bantuan dari temannya. Selain itu, kurangnya penguasaan hitung dasar matematika, seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian, kurangnya pemahaman siswa bahwa perpangkatan itu merupakan kebalikan daripada perkalian berulang dan kurangnya hafalan perkalian siswa khususnya perkalian bilangan kecil yang kurang dari 100 serta kurangnya perhatian guru terhadap keterampilan prasyarat yang dimiliki siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat penguasaan perkalian siswa, hasil belajar perpangkatan siswa dan mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara penguasaan perkalian dengan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan perpangkatan di kelas V SD Negeri No. 079 Panyabungan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 35 orang dan sampel penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes yang berbentuk multiple choice. Kemudian untuk menguji hipotesis yang telah diajukan digunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Dari penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa tingkat penguasaan perkalian siswa 64,76% yakni tergolong baik dan hasil belajar perpangkatan siswa 67,04% yaitu tergolong baik. Kemudian berdasarkan analisis yang telah dilkukan, maka ditemukan angka (rxy) = 0,806 > r tabel 0,334. Dan nilai thitung = 7,822 > 1,693 dengan interval kepercayaan 5% dan dk= n – 2 = 35 – 2 = 33. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara penguasaan perkalian dengan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan perpangkatan di kelas V SD Negeri No. 079 Panyabungan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Aswadi Lubis,S.E.,M.Si dan Mariam Nasution,M.Pd |
Keywords: | Perkalian, Hasil belajar matematika |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics 13 EDUCATION > 1301 Education Systems |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 21 Sep 2020 08:34 |
Last Modified: | 21 Sep 2020 08:34 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5133 |
Actions (login required)
View Item |