Panjaitan, Nurdiana (2013) Analisis kesulitan siswa dalam memahami konsep bangun ruang sisi datar di kelas VIII MTsN Sipirok. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
09 330 0051.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah menurunnya kinerja akademik siswa atau prestasi belajar yang rendah disebabkan oleh guru hanya memberikan penjelasanpenjelasan yang abstrak tanpa disertai oleh contoh yang lebih konkrit kepada siswa, sehingga siswa kurang mampu memahami penjelasan yang sudah disampaikan oleh guru tersebut, karena mereka hanya sekedar membayangkan tentang apa yang sudah dijelaskan oleh guru tanpa melihat dan memperhatikan langsung contoh yang dimaksudkan serta guru masih menggunakan metode dan pendekatan yang bersifat monoton dalam proses pembelajaran. Oleh Karena itu siswa tidak dapat menyatakan ulang sebuah konsep, mengklasifikasikan objek-objek konsep serta tidak dapat memberi contoh dan non-contoh dari suatu konsep khususnya materi bangun ruang sisi datar. Maka yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagianbagian kesulitan yang dialami siswa dalam memahami konsep bangun ruang sisi datar, faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan siswa dalam memahami konsep bangun ruang sisi datar, serta upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar yang dialami siswa dalam memahami konsep bangun ruang sisi datar. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan metode komparatif. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan dilakukan dengan menggunakan instrument pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara. Sedangkan untuk pengolahan dan analisis data dilaksanakan secara kualitatif deskriptif. Selanjutnya penelitian ini memiliki sumber data primer yaitu siswa kelas VIII MTsN Sipirok dan sumber data sekunder yaitu kepala sekolah dan guru matematika MTsN Sipirok. Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh bahwa analisis kesulitan siswa dalam memahami konsep bangun ruang sisi datar di kelas VIII MTsN Sipirok adalah bagian konsep yang kurang matang di awal serta kurangnya pengetahuan guru terhadap metode pembelajaran yang mengakibatkan siswa bosan dalam proses pembelajaran. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa dalam memahami konsep bangun ruang sisi datar adalah faktor intern dan ekstern. Dan upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa dalam memahami konsep bangun ruang sisi datar adalah dengan menggunakan metode pakem (pembelajaran aktif kreatif efektif dan menyenangkan) serta media pembelajaran yang membuat siswa merasa senang dan wawasannya bertambah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Almira Amir,M.Si dan Suparni,S.Si.,M.Pd |
Keywords: | Konsep bangun ruang sisi datar |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 21 Sep 2020 08:40 |
Last Modified: | 21 Sep 2020 08:40 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5132 |
Actions (login required)
View Item |