Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Perbedaan pemahaman konsep siswa menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan Model Snowball Throwing pada pokok bahasan geometri dan pengukuran di kelas IV SDN 200204 Padangsidimpuan

Lubis, Riski Mulia Abdi (2014) Perbedaan pemahaman konsep siswa menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan Model Snowball Throwing pada pokok bahasan geometri dan pengukuran di kelas IV SDN 200204 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
09 330 0028.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang pelaksanaan penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa menyelesaikan soal pemecahan masalah. Hal ini terjadi karena siswa belum mampu menghubungkan antara konsep yang dipelajari dengan bagaimana penggunaan konsep tersebut. Konsep matematika yang satu dengan yang lain berkaitan sehingga untuk mempelajarinya harus runtut dan berkesinambungan. Jika siswa telah memahami konsep-konsep matematika yang sederhana, maka akan memudahkan siswa dalam mempelajari konsep-konsep matematika yang lebih kompleks. Salah satu alternatif yang dapat dilakukan guru untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa adalah melalui penggunaan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan model Snowball Throwing. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan pemahaman konsep siswa menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan model Snowball Throwing pada pokok bahasan geometri dan pengukuran di kelas IV SDN 200204 Padangsidimpuan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif komparasi dengan metode eksperimen. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah siswa kelas IV dengan jumlah 55 siswa. Sampel diambil dari populasi dengan acuan sampling total yaitu semua anggota populasi digunakan sebagai sampel yaitu kelas IV-A dengan jumlah 30 orang siswa sebagai kelas eksperimen A dan kelas IV-B dengan jumlah 25 orang siswa sebagai kelas eksperimen B. Instrumen pegumpulan data yang digunakan peneliti adalah tes yaitu pretes (sebelum diberi perlakuan) dan postes (setelah diberi perlakuan). Analisis yang digunakan adalah rumus chi-kuadrat, uji kesamaan varians, dan uji-t. Berdasarkan uji normalitas dan uji homogenitas kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Pengujian uij-t diperoleh dari hasil uji hipotesis yang menunjukkan thitung = 3,041 > ttabel = 1,987 maka H0 ditolak dan sebaliknya Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “Ada Perbedaan Pemahaman Konsep Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan Model Snowball Throwing pada Pokok Bahasan Geometri dan Pengukuran di Kelas IV SDN 200204 Padangsidimpuan”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Lelya Hilda, M.Si dan Suparni, S.Si., M.Pd
Keywords: Numbered Head Together (NHT); Snowball Throwing; Geometri; Pengukuran
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 21 Sep 2020 07:57
Last Modified: 21 Sep 2020 07:57
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5125

Actions (login required)

View Item View Item