Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model pembelajaran PAKEM untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di dalam proses pembelajaran matematika pada materi bangun ruang kelas VIII SMP Negeri I Batahan

Rosyidah, Anti (2013) Penerapan model pembelajaran PAKEM untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di dalam proses pembelajaran matematika pada materi bangun ruang kelas VIII SMP Negeri I Batahan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
08 330 0050.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (9MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah masalah “apakah model pembelajaran PAKEM dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di dalam proses pembelajaran matematika pada materi Bangun Ruang kelas VIII SMP Negeri I Batahan. Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka peneliti ini bertujuan untuk mengungkapkan peningkatan motivasi belajar siswa di dalam proses pembelajaran Matematika dengan menggunakan model pembelajaran PAKEM di kelas VIII SMP I Batahan yang berjumlah 17 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas dengan model siklus. Satu siklus terdiri dari Perencanaan (Planning), Pelaksanaan/ Tindakan (Action), Pengamatan/ Observasi (Observation), dan Refleksi (Replection) dan sejumlah siklus dalam penelitian ini adalah tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Berdasarkan pembahasan dalam penelitian maka diperoleh hasil : Terjadi peningkatan aktivitas positif dari pertemuan pertama ke pertemuan kedua. Peningkatan terjadi pada aktivitas siswa memperhatikan penjelasan pelajaran yang disampaikan guru yaitu dari 53% ke 70,5%, berani untuk bertanya dari 17,6% ke 29,4%. Bersamaan dengan meningkatnya persentase beberapa aktivitas positif, terjadi penurunan pada aktivitas negatif yaitu siswa tidak memperhatikan guru ketika penyampaian pelajaran dari 29,4% ke 11,7%. Selanjutnya pertemuan tiga ke pertemuan empat, yaitu terjadi peningkatan memperhatikan guru ketika proses belajar mengajar berlangsung dari 76,47% ke 82,35%, siswa mengajukan pertanyaan ketika proses belajar mengajar berlangsung dari 35,29% ke 41,17%, serta berani mengemukakan gagasanya dari 23,52% ke 29,41%. Terjadi pula penurunan aktivitas negatif yaitu aktivitas siswa ribut atau bercengkrama dari 17,64% ke 11,76%. Selanjutnya terjadi peningkatan aktivitas positif pada pertemuan kelima dan keenam yaitu, siswa mengajukan pertanyaan ketika proses belajar mengajar berlangsung dari 41,17% ke 47,05%, aktivitas siswa berani mengemukakan gagasan dari 29,41% ke 35,29% bersamaan dengan meningkatnya persentase aktivitas positif, terjadi pula penurunan aktivitas negatif, yaitu aktivitas siswa tidak memperhatikan guru ketika proses belajar mengajar dari 11,76% ke 5,88%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Asmadawati, M.A dan Suparni, S.Si., M.Pd
Keywords: Model pembelajaran PAKEM; Motivasi belajar siswa; Bangun ruang
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 21 Sep 2020 07:39
Last Modified: 21 Sep 2020 07:39
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5123

Actions (login required)

View Item View Item