Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan motivasi belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran snowball throwing siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 9 Padangsidimpuan

Hasibuan, Rika Juliana (2014) Peningkatan motivasi belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran snowball throwing siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 9 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
09 330 0027.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingkat motivasi belajar matematika siswa yang kurang. Hal ini disebabkan oleh proses pembelajaran yang monoton dan penggunaan model pembelajaran yang tidak melibatkan siswa. Untuk mengatasi kurangnya motivasi belajar matematika siswa yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing yang mengharuskan siswa untuk lebih aktif selama proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 9 Padangsidimpuan. Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 9 Padangsidimpuan dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus. Satu siklus terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan/ tindakan (action), pengamatan/ observasi (observation), dan refleksi (reflection) dengan 2 pertemuan setiap siklusnya. Berdasarkan pembahasan dalam penelitian ini maka diperoleh hasil bahwa terjadi peningkatan kegiatan dari pertemuan pertama ke pertemuan keempat. Peningkatan kegiatan terjadi pada aspek: (1) Semangat siswa ketika pelajaran dimulai dari 46,15% menjadi 96,15%; (2) Menduduki atau menempati tempat yang telah ditetapkan dari 76,93% menjadi 100%; (5) Memperhatikan guru saat menjelaskan materi dengan sungguh-sungguh dan mencatatnya dari 46,15% menjadi 92,31%; (6) Menanggapi stimulus guru dari 76,93% menjadi 92,31%; (23) Antusiasme dalam mengikuti kuis dari 15,38% menjadi 100%; dan (25) Ketepatan mengumpulkan tugas sesuai waktunya dari 69,23% menjadi 96,15%. Selain terjadi peningkatan kegiatan, dalam penelitian ini juga terdapat penurunan kegiatan siswa yang terjadi pada aspek: (8) Melakukan kerja sama dengan teman dalam kelompok secara aktif dan terarah; (13) Kemampuan berkompetensi antar kelompok; (14) Mempersentasikan dan memaparkan gagasan hasil diskusi; dan (19) Bersikap kritis dalam menyimak pertanyaan-pertanyaan atau menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kelompok lain. Hal ini terjadi karena pada pertemuan terakhir siswa dituntut untuk kerja sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Magdalena, M.Ag. dan Mariam Nasution, M.Pd.
Keywords: Motivasi Belajar Matematika; Snowball Throwing
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 21 Sep 2020 07:37
Last Modified: 21 Sep 2020 07:37
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5122

Actions (login required)

View Item View Item