Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya meningkatkan kemampuan memahami dan ketepatan menjawab soal cerita melalui model pembelajaran Direct Instruction (pengajaran langsung) di kelas IV SDN 200212 Padangsidimpuan

Sormin, Ummu Kalsum (2013) Upaya meningkatkan kemampuan memahami dan ketepatan menjawab soal cerita melalui model pembelajaran Direct Instruction (pengajaran langsung) di kelas IV SDN 200212 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
08 330 0044.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan model pembelajaran direct instruction (pengajaran langsung) dapat meningkatkan kemampuan memahami dan ketepatan menjawab soal cerita materi pecahan kelas IV SD Negeri 200212 Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan peningkatan kemampuan memahami dan ketepatan menjawab soal cerita materi pecahan siswa kelas IV SD Negeri 200212 Padangsidimpuan melalui penggunaan model direct instruction (pengajaran langsung). Penelitian ini merupakan Penelitian tindakan kelas model siklus dengan pola terintegrasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data dengan mencari persentase ketuntasan belajar baik secara individu maupun klasikal. Dari penelitian dan pembahasan diperoleh pada tes awal siswa yang memperoleh nilai > 70 sebanyak 43,59%. Sedangkan hasil tes siklus I menunjukkan bahwa nilai ≥ 70 sebanyak 64,102%. Pada tindakan siklus II nilai ≥ 70 mencapai 84,62%. Kesimpulan bahwa penggunaan model pengajaran langsung untuk meningkatkan kemampuan memahami dan ketepatan menjawab soal cerita materi pecahan kelas IV SD Negeri 200212 Padangsidimpuan dapat mencapai hasil sesuai ketentukan sekolah yakni 84,62% siswa telah mampu menyelesaikan soal-soal cerita materi logika dengan nilai ≥ 70.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. Sahadir Nasution, M.Pd dan Suparni, S.Si., M.Pd
Keywords: Ketepatan menjawab soal cerita; Model pembelajaran Direct Instruction (pengajaran langsung)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 21 Sep 2020 07:34
Last Modified: 21 Sep 2020 07:34
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5121

Actions (login required)

View Item View Item