Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh model pembelajaran arias terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan bangun ruang di kelas X MAS Subulussalam Kotanopan

Lubis, Muktar (2013) Pengaruh model pembelajaran arias terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan bangun ruang di kelas X MAS Subulussalam Kotanopan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
08 330 0068.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan bangun ruang di kelas X MAS Subulussalam Kotanopan. Dalam pembelajaran matematika terdapat beberapa materi yang cukup rumit, sehingga sering memunculkan kejenuhan dalam diri siswa. Hal ini menyebabkan, siswa kurang memahami materi pelajaran dan pengaruhnya akan berimbas pada hasil belajar siswa yang sering menimbulkan kegagalan dalam pembelajaran. Berdasarkan latar belakang masalah di atas penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan bangun ruang di kelas X MAS Subulussalam Kotanopan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksprimen yang berdesain pretest-posttest control group design, untuk menguji kebenaran hipotesis yang telah dirumuskan itu. Peneliti melakukan perhitungan dari data-data yang diproleh. Dimana sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dengan jumlah sampel 22 (dua puluh dua) orang siswasiswi dan 20 (dua puluh) siswa-siswi untuk kelas kontrol MAS Subulussalam Kotanopan. Untuk memproleh data, peneliti menggunakan instrumen tes yang mempunyai kevalidan soal untuk pretest 15 dari 20 soal dan untuk posttest 20 butir dari 30 soal. Untuk mengetahui keterkaitan antara variabel yang telah diteliti, maka dilaksanakan perhitungan uji-t. Berdasarkan hasil belajar posttest diproleh thitung = 2,988 sementara dari daftar distribusi t di proleh ttabel = 2,00 dengan peluang (5%) = 95% dan dk = (n1 + n2 - 2) = (22+20-2=40). Karena thitung > ttabel (2,988 > 2,00). Maka hipotesis di terima, atau dengan kata lain, terdapat pengaruh model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan bangun ruang di kelas X MAS Subulussalam Kotanopan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Ali Asrun Lubs dan Suparni
Keywords: pembelajaran arias; pokok bahasan bangun ruang
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 21 Sep 2020 07:07
Last Modified: 21 Sep 2020 07:07
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5115

Actions (login required)

View Item View Item