Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis komputer terhadap kreativitas belajar matematika materi pokok statistika kelas IX SMP Negeri 7 Padangsisimpuan

Harahap, Nirma Ansor (2013) Pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis komputer terhadap kreativitas belajar matematika materi pokok statistika kelas IX SMP Negeri 7 Padangsisimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
09 330 0019.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih adanya siswa di SMP Negeri 7 Padangsidimpuan yang memiliki kreativitas yang kurang berkembang dengan baik. Oleh karena itu peneliti mengadakan penelitian yang berjudul “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Komputer Terhadap Kreativitas Belajar Matematika Materi Pokok Statistika Kelas IX SMP Negeri 7 Padangsidimpuan.” Berdasarkan masalah tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis komputer terhadap kreativitas belajar matematika materi pokok statistika kelas IX SMP Negeri 7 Padangsidimpuan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis komputer terhadap kreativitas materi pokok statistika. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan belajar dan pembelajaran matematika, model pembelajaran berbasis komputer, kreativitas, dan statistika. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan model pretest posttest control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IX yang terdiri dari 5 kelas dan berjumlah 146 siswa. Adapun sampel pada penelitian diambil dengan menggunakan teknik cluster sampel di mana kelas IX-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas IX-3 sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini adalah test kreativitas siswa. Adapun teknik analisis datanya yaitu menggunakan rumus chi-kuadrat,uji kesamaan dua rata-rata dan uji-t. Hasil penelitian ini adalah berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh thitung = 7,23 dan ttabel = 1,980. Karena thitung > ttabel (7,23 > 1,980), maka Ha diterima yaitu bahwa rata-rata kreativitas siswa pada materi pokok statistika dengan menggunakan model pembelajaran berbasis komputer lebih baik daripada rata-rata kreativitas siswa tanpa menggunakan model pembelajaran berbasis komputer. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran berbasis komputer terhadap kreativitas siswa pada materi pokok statistika kelas IX SMP Negeri 7 Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Samsuddin dan Mariam Nasution
Keywords: Model pembelajaran; komputer; kreativitas; matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2020 07:10
Last Modified: 21 Sep 2020 07:10
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5114

Actions (login required)

View Item View Item