Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis kesulitan belajar siswa dalam memahami konsep limit fungsi ditinjau dari karakteristik psikologis kelas XI SMA Negeri 1 Padangsidimpuan

Santi, Fitri Ummi (2014) Analisis kesulitan belajar siswa dalam memahami konsep limit fungsi ditinjau dari karakteristik psikologis kelas XI SMA Negeri 1 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
09 330 0008.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesulitan belajar siswa dalam memahami konsep limit fungsi trigonometri ditinjau dari karakteristik psikologis siswa kelas XI SMA Negeri 1 Padangsidimpuan. Rumusan masalah penelitian ini bagaimana kesulitan belajar siswa, apa saja faktor yang menyebabkan serta solusi mengatasi kesulitan belajar siswa dalam memahami konsep limit fungsi ditinjau dari karakteristik psikologis siswa. Berdasarkan rumusan masalah diatas penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan belajar siswa dalam memahami konsep pada materi limit fungsi trigonometri ditinjau dari karakteristik psikologis di kelas XI SMA Negeri 1 Padangsidimpuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang berusaha menggambarkan permasalahan sesuai dengan tujuan penelitian. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan angket. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian ini maka didapat kesimpulan bahwa kesulitan belajar yang dialami siswa yaitu kesulitan untuk dapat memahami konsep dengan baik dan sulit untuk tetap fokus pada penjelasan guru disebabkan banyaknya rumus, penyelesaian soal yang panjang serta penjelasan dari guru yang masih kurang mempengaruhi minat, sikap, motivasi, kemampuan berpikir dan kemampuan awal sehingga hanya sebatas kategori cukup. Faktor-faktor yang menyebabkan siswa kesulitan dalam belajar yaitu karena dipengaruhi faktor internal siswa seperti minat, sikap, motivasi, kemampuan berpikir, dan kemampuan awal yang masih taraf cukup menyebabkan siswa merasa kesulitan dalam belajar. Solusi untuk mengatasi kesulitan belajar siswa adalah, guru harus memotivasi siswa untuk mengulangi kembali pelajaran bersama teman, berlatih dirumah mengerjakan soal-soal atau bisa juga dengan membaca buku yang berkaitan dengan materi limit fungsi trigonometri. Guru juga harus menjelaskan secara mendalam, serta mempertimbangkan keadaan psikologis siswa selama pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Magdalena dan Almira Amir
Keywords: Kesulitan belajar; siswa; konsep limit fungsi; matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2020 07:37
Last Modified: 21 Sep 2020 07:37
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5109

Actions (login required)

View Item View Item