Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Perbedaan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan strategi pembelajaran ekspositori dengan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB) pada materi himpunan kelas VII MTs Yayasan Hutapungkut

Lubis, Faridah (2013) Perbedaan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan strategi pembelajaran ekspositori dengan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB) pada materi himpunan kelas VII MTs Yayasan Hutapungkut. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
09 330 0022.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Dalam proses pembelajaran matematika, guru tidak cukup terfokus pada satu strategi saja, guru perlu mencoba menerapkan berbagai strategi pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan materi guna meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Hasil belajar matematika siswa di MTs Yayasan Hutapungkutmasihtergolongrendah. Hal inimerupakanmasalah yang timbul dalam proses pembelajaran. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa adalah dengan penerapan strategi pembelajaran ekspositori dan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan strategi pembelajaran ekspositoridengan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB) pada materi himpunan kelas VII MTs Yayasan Hutapungkut. Untuk mengetahui hasil penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen dengan desain randomized control- group pretest-posttest designe. Selanjutnya lokasi penelitian adalah MTs Yayasan Hutapungkut. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs yayasan Hutapungkut yang terdiri dari dua kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas 1 VII MTs Yayasan Hutapungkut. Kelas VII sebagai kelas eksperimen A yang menggunakan strategi pembelajaran ekspositoriyang berjumlah 20 orang dan kelas 2 VII sebagai kelas eksperimen B yang menggunakan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB) yang berjumlah 21 orang. Analisis data yang digunakan terdiri dari uji normmalitas, uji homogenitas varians dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil tes antara sebelum dan sesudah adanya strategi pembelajaran ekspositori dan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB), diperoleh rata-rata (mean) pretest dan posttest setelah menggunakan strategi pembelajaran ekspositori dan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB) lebih tinggi. Kemudian, dari hasil perhitungan uji t diperoleh bahwa nilai thitung = 2,141 dan ttabel = 2,021 pada taraf signifikan 5 %. Maka thitung > ttabel.Dari perhitungan di atas jelas terlihat Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya Ada perbedaan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan strategi pembelajaran ekspositori dengan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB) pada materi himpunan kelas VII MTs Yayasan Hutapungkut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Asnah, MA dan Almira Amir, M.Si
Keywords: Belajar Matematika; Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir; SPPKB; Himpunan
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 21 Sep 2020 06:55
Last Modified: 21 Sep 2020 06:55
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5108

Actions (login required)

View Item View Item