Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika pokok bahasan sistem persamaan linear terhadap kemampuan berfikir kritis siswa kelas X Mas Darul Ikhlas Panyabungan

Wahidah, Ida (2013) Pengaruh pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika pokok bahasan sistem persamaan linear terhadap kemampuan berfikir kritis siswa kelas X Mas Darul Ikhlas Panyabungan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
08 330 0015.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas hasil pembelajaran siswa dalam matematika adalah ketepatan pendekatan yang digunakan. Pendekatan yang digunakan guru umumnya adalah pendekatan tradisional, pendekatan ini lebih menekankan pada latihan pengerjaan soal-soal serta penggunaan rumus. Sehingga kemampuan berpikir siswa tidak berkembang. Untuk itu diperlukan suatu pendekatan dimana teori dan konsep matematika dikaitkan dengan kehidupan nyata sehingga pembelajaran dirasakan lebih konkrit dan bermakna, dalam hal ini pendekatan yang sesuai adalah pendekatan kontekstual. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan pembelajaran kontekstual yang menekankan kepada proses keterlibatan siswa untuk menemukan materi agar siswa dapat menemukan hubungan antara materi yang dipelajari dengan situasi nyata untuk dapat menerapkan dalam kehidupan, artinya proses pembelajaran diorentasikan pada proses pengalaman langsung dalam perilaku dan kehidupan sehari-hari, sehingga dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen.populasi penelitian ini adalah kelas X MAS Darul Ikhlas yang berjumlah 168 siswa dan sampel penelitian ini adalah kelas X-3 dan X-4. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah pretest dan posttest. Analisa data yang digunakan adalah rumus chi-kuadrat, uji kesamaan varians dan uji-t. Berdasarkan uji normalitas dan homogenitas, kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Pengujian uji-t diperoleh

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Asnah dan Ahmad Nizar Rangkuti
Keywords: pendekatan kontekstual; bahasan sistem persamaan linear; kemampuan berfikir kritis siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 21 Sep 2020 02:58
Last Modified: 21 Sep 2020 02:58
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5104

Actions (login required)

View Item View Item