Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh model pembelajaran quantum pada pokok pembahasan logika matematika di kelas X MAS Babussalam Basilam Baru Batang Angkola

Masriani, Masriani (2012) Pengaruh model pembelajaran quantum pada pokok pembahasan logika matematika di kelas X MAS Babussalam Basilam Baru Batang Angkola. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
07 330 0102.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa di Mas Babussalam Basilam Baru Batang Angkola pada saat ini jauh dari yang diharapkan.Sehingga timbul permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar pada pokok bahasan Logika Matematika di Mas Babussalam Basilam Baru Batang Angkola. Penelitian bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar pada pokok bahasan Logika Matematika dikelas X Mas Babussalam Basilam Baru Batang Angkola.Jenis penelitian adalah penelitian Quantum Kuantitatif dan menggunakan metode eksperimen dengan desain matching pretest desain.Sampel ini diambil dari kelas X yang berjumlah 183 orang dari 100% jumlah populasi.Oleh karena itu,peneliti ini disebut peneliti sampel total.Untuk menghitung pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar pada pokok bahasan Logika Matematika kelas X di Mas Babussalam Basilam Baru Batang Angkola maka data yang diperoleh dianalisis dengan metode kuantitatif dan rumus uji normalitas,uji homogenitas,uji kesamaan dua rata-rata,dan uji perbedaan rata-rata. Dalam melaksanakan pembelajaran dengan model pembelajaran Quantum Teaching ini,rasa percaya diri peserta didik untuk belajar matematika lebih meningkat dan suasana kelas lebih bergairah sehingga hasil belajar siswa semakin meningkat dari sebelumnya.Dari uraian diatas hasil perhitungan yang telah dilakukan maka,hasil belajar siswa dengan menggunakan model Quantum Teaching ini lebih tinggi dibandingkan dengan tidak menggunakan model quantum yaitu Thitung=4,241 dan Ttabel=1,697 (Thitung>Ttabel).Dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini diterima yaitu ada pengaruh untuk lebih meningkat hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Lelya Hilda dan Ahmad Nizar Rangkuti
Keywords: model pembelajaran quantum; pembahasan logika matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 21 Sep 2020 02:37
Last Modified: 21 Sep 2020 02:37
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5101

Actions (login required)

View Item View Item