Hoiriyah, Hoiriyah (2012) Proses pembelajaran matematika di SD Negeri 147562 Silatung Kecamatan Muarasipongi. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
07 330 0096.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (488kB) |
Abstract
Adapun latar belakang penelitian ini diangkat untuk mengetahui bagaimana Proses Pembelajaran di SD Negeri 147562 Silatung Kecamatan Muarasipongi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa tujuan pembelajaran matematika di SD Negeri 147562 Silatung Kecamatan Muarasipongi, untuk mengetahui apa saja materi dan metode pembelajaran matematika di SD Negeri 147562 Silatung Kecamatan Muarasipongi, untuk mengetahui apa saja media pembelajaran matematika di SD Negeri 147562 Silatung Kecamatan Muarasipongi, untuk mengetahui bagaimana evaluasi dan hasil pembelajaran matematika di SD Negeri 147562 Silatung Kecamatan Muarasipongi dan untuk mengetahui apa saja hambatan yang dihadapi dalam Pembelajaran Matematika di SD Negeri 147562 Silatung Kecamatan Muarasipongi. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan dilaksanakan riset lapangan dengan menggunakan instrument pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Pengolahan data dilaksanakan secara kualitatif-deskriptif. Kualitatif-deskriptif yang dimaksud dalam studi ini adalah menyimpulkan data secara kualitatif lalu kemudian di analisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh bahwa tujuan pembelajaran matematika di SD Negeri 147562 Silatung Kecamatan Muarasipongi adalah mempersiapkan siswa agar sanggup menghadapi perubahan keadaan dan kehidupan didunia yang selalu berkembang melalui latihan bertindak atas dasar pemikiran secara logis, rasional, kritis, jujur, efektif dan efisien. Materi pembelajaran matematika di SD Negeri 147562 Silatung Kecamatan Muarasipongi berdasarkan silabus dan metode yang digunakan adalah metode ceramah, drill dan Tanya jawab. Media pembelajaran matematika di SD Negeri 147562 Silatung Kecamatan Muarasipongi menggunakan poster dan buku-buku yang berkaitan dengan pembelajaran. Evaluasi pembelajaran matematika di SD Negeri 147562 Silatung Kecamatan Muarasipongi yaitu penilaian tes dan non tes, hasil pembelajarannya ditinjau dari dua aspek yaitu aspek kognitif dan afektif. Hambatan yang dihadapi guru di SD Negeri 147562 Silatung Kecamatan Muarasipongi adalah dari dalam diri siswa itu sendiri dan kurangnya kemampuan guru dalam penerapan metode juga kurangnya waktu untuk mempelajari matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Lelya Hilda. M.Si dan Suparni, S.Si., M.Pd |
Keywords: | Pembelajaran matematika; SD Negeri 147562 Silatung |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1301 Education Systems |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mrs. Elysa Fitri Pakpahan |
Date Deposited: | 18 Sep 2020 09:00 |
Last Modified: | 18 Sep 2020 09:00 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5090 |
Actions (login required)
View Item |