Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh model pembelajaran contekstual teaching and learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa dalam materi ajar peluang pada kelas XI MAN 1 Padangsidimpuan

Damayanti, Eti (2012) Pengaruh model pembelajaran contekstual teaching and learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa dalam materi ajar peluang pada kelas XI MAN 1 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
07 330 0093.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Masalah penelitian ini adalah guru yang kurang tepat memilih strategi atau metode mengajar yang berkaitan dengan pemahaman siswa terhadap materi ajar peluang khususnya di MAN 1 Padangsidimpuan. Sehingga siswa kurang memahami dan tidak dapat menghubungkan antara apa yang dipelajari dan untuk apa pengetahuan tersebut digunakan atau dimanfaatkan. Tujuan penelitian ini adalah : Untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Contekstual Teaching And Learning (CTL) dengan hasil belajar siswa dalam materi ajar peluang pada kelas XI MAN 1 Padangsidimpuan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain pretest-postest control group. Yang menjadi populasi dalam penelitian adalah keseluruhan siswa-siswi kelas XI MAN 1 Padangsidimpuan tahun ajaran 2011/2012 yang terdiri dari 6 kelas dan berjumlah 212 siswa. Sampel diambil dari populasi dengan acuan cluster random sampling atau sampel acak berkelompok. Jadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa dari dua kelas yaitu kelas XI 2 dengan jumlah siswa 36 orang (kelas eksperimen) dan kelas XI 3 dengan jumlah siswa 36 orang (kelas kontrol). Berdasarkan uji normalitas dan homogenitas kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Pengujian uji t diperoleh dari hasil uji hipotesis yang menunjukkan thitung 3,421 ttabel 2,00 Dari perhitungan di atas jelas terlihat penolakan HO dan penerimaan Ha. Dengan demikian H0 : 1 2 diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran contekstual teaching and learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa dalam materi ajar peluang pada kelas XI MAN 1 Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Asnah, M.A dan Almira Amir, M.Si
Keywords: Contekstual Teaching and Learning (CTL); Hasil belajar siswa; Materi ajar peluang
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 18 Sep 2020 08:56
Last Modified: 05 Apr 2021 02:51
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5089

Actions (login required)

View Item View Item