Susanti, Efi (2012) Perbandingan hasil belajar siswa melalui metode ekspositori dengan metode diskusi pada pembelajaran matematika pokok bahasan teorema phytagoras di MTs S YPKS Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
07 330 0091.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Dalam proses pembelajaran guru merupakan salah faktor penting dalam mencapai tujuan pendidikan. Selain dari pengetahuan dalam penguasaan materi guru juga harus mampu memberikan metode yang bervariasi guna meningkatkan hasil belajar siswa. Melalui studi pendahuluan yang peneliti lakukan terhadap sekolah menyatakan bahwa hasil belajar siswa masih tergolong rendah yaitu nilai rata-rata kelas 66 dengan KKM 67. Hal ini merupakan masalah yang timbul dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di MTs S YPKS Padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa melalui metode ekspositori dengan metode diskusi pada pokok bahasan teorema phytagoras. Instrument penelitian ini adalah tes berbentuk pilihan berganda (multiple choice) dan sebagai populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs S YPKS Padangsidimpuan sebanyak 284 orang sedangkan yang menjadi sampel adalah siswa kelas VIII-1 dan VIII-2 yang berjumlah 61 orang dan teknik pengambilan sampelnya melalui purposive sampling. Sebelum pengujian hipotesis dilaksanakan, terlebih dahulu peneliti menguji persyaratan analisa. Setelah dianalisa, ternyata sampel dari populasi tersebut memiliki distribusi dan variansi yang homogen sehingga persyaratan analisa terpenuhi. Dalam pengujian hipotesis digunakan uji-t, diperoleh t hitung 2,61 dan t tabel 2,00 dengan taraf signifikan 5%, pada tingkat kepercayaan 95%. Jadi hipotesis yang diterima adalah Ha yaitu adanya perbedaan antara hasil belajar siswa melalui metode ekspositori dengan metode diskusi pada pembelajaran matematika pokok bahasan teorema phytagoras di MTs S YPKS Padangsidimpuan. Jadi, penggunaan metode diskusi lebih memiliki memberikan peningkatan hasil belajar dibandingkan menggunakan metode ekspositori.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Zulhammi, M. Ag., M.Pd dan Almira Amir. M.Si |
Keywords: | Metode ekspositori; Metode diskusi; Teorema phytagoras |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics 13 EDUCATION > 1301 Education Systems |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mrs. Elysa Fitri Pakpahan |
Date Deposited: | 18 Sep 2020 08:51 |
Last Modified: | 18 Sep 2020 08:51 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5088 |
Actions (login required)
View Item |