Healthy, Afrida (2012) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation terhadap hasil belajar matematika materi pythagoras kelas VIII SMP Negeri 4 Kecamatan Batang Angkola. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
07 330 0085.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, apakah terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar Matematika Materi Pythagoras kelas VIII SMP Negeri 4 Kecamatan Batang Angkola. Berapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation terhadap hasil belajar matematika kelas VIII SMP Negeri 4 Kecamatan Batang Angkola. Adapun tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk membuktikan ada pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar Matematika siswa materi Pythagoras kelas VIII SMP Negeri 4 Kecamatan Batang Angkola, untuk mencari dan menemukan besarnya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation terhadap hasil belajar matematika kelas VIII SMP Negeri 4 Kecamatan Batang Angkola. Adapun jenis penelitian ini adalah eksperimen. Dimana Penelitian ini menggunakan metode eksperimen jenis Clasical Experiment Design (satu kelompok eksperimen - satu kelompok pembanding). Tahapan yang dilakukan adalah membagi subjek ke dalam dua kelompok (kelompok yang memiliki karakteristik yang sama), kemudian kelas eksperimen diberi perlakuan sedangkan kelompok tidak diberi . Yang menjadi sampel dari penelitian ini adalah kelas VIII A dan VIII B SMP Negeri 4 Kecamatan Batang Angkola. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Kedua kelas tersebut ditugaskan secara Purposive menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dalam penelitian ini kelas eksperimen yaitu VIII A (30 orang), dan kelas kontrol yaitu VIII B (30 orang). Berdasarkan hasil perhitungan uji kesamaan rata-rata diperoleh S = 19,19 dan thitung = 4,347 dengan σ = 5% dan dk = (n1 + n2 – 2) = (30 + 30 – 2) = 58, diperoleh daftar distribusi ttabel = 2,00. Karena thitung < ttabel (4,347>2,00) Ha : Ada pengaruh positif yang signifikan antara pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation terhadap hasil belajar matematika materi Pythagoras siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kecamatan Batang Angkola.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dra. Asnah M.A dan Suparni, S.Si., M.Pd |
Keywords: | Group Investigation; Hasil belajar matematika; Pythagoras |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics 13 EDUCATION > 1301 Education Systems |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mrs. Elysa Fitri Pakpahan |
Date Deposited: | 18 Sep 2020 08:36 |
Last Modified: | 18 Sep 2020 08:36 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5086 |
Actions (login required)
View Item |